kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara menyiasati inden waktu beli mobil baru untuk Lebaran


Sabtu, 12 Mei 2018 / 09:53 WIB
Begini cara menyiasati inden waktu beli mobil baru untuk Lebaran
ILUSTRASI. Unit Xpander


Sumber: Kompas.com | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - CIKARANG. Idul Fitri atau Lebaran di Indonesia lebih dari sekadar hari raya keagamaan, tetapi sudah menjadi tradisi hampir seluruh masyarakat. Terkait otomotif, Lebaran biasanya hubungannya dengan punya mobil baru.

Ada salah satu cara yang bisa diterapkan calon konsumen yang ingin menggunakan mobil baru saat Lebaran. Walaupun cara ini tak sepenuhnya manjur karena tergantung ketersediaan stok di diler.

Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani, menyatakan, proses penyerahan mobil ke konsumen biasanya bisa lebih cepat jika pembelian dilakukan tunai. Sebab tidak ada rangkaian survei konsumen yang biasa dilakukan dalam pembelian kredit.

Dalam proses pembelian kredit, Dian menyebut agen pemegang merek (APM) biasanya tidak bisa memastikan seberapa cepat mobil bisa diserahkan ke konsumen. Sebab ada rangkaian survei yang lebih dulu dilakukan perusahaan leasing.

"Tapi kalau cash, sepanjang stok ada, kita bisa penuhi," kata Dian di Cikarang, Rabu (9/5/2018).

Untuk produk dari Wuling sendiri, Dian menyatakan Confero S kemungkinan bisa langsung dikirim ke konsumen sebelum lebaran, jika proses pemesanan sudah dilakukan sejak sekarang. Sedangkan untuk Cortez, Dian menyebut ada tipe tertentu yang tak bisa langsung dikirim ke konsumen pada Mei hingga menjelang lebaran. Contohnya Cortez 1.5.

"Cortez 1.5 baru Juni baru bisa kita kirim. Tapi kami siap untuk 1.8, walaupun ada antrean. Tergantung tipe yang mana," ucap Dian.

LMPV

Membeli mobil baru merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan sebagian masyarakat menjelang lebaran. Biasanya dipakai untuk mudik ke kampung halaman.

Low MPV adalah mobil yang umum jadi target pembelian untuk mudik dan lebaran. Namun masalah yang biasa ditemui adalah inden. Contohnya Mitsubishi Xpander yang indennya bisa 2-3 bulan.

Namun tidak demikian dengan Suzuki All-New Ertiga. Direktur Pemasaran Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra memastikan pengiriman unit generasi baru Ertiga sudah dilakukan sejak April lalu.

Sehingga distribusi unit dari diler ke konsumen bisa diupayakan dilakukan pada pertengahan Mei.

"Poinnya adalah konsumen bisa menikmati All-New Ertiga sebelum Lebaran,” kata Donny. (Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Cara Mengakali Inden Waktu Beli Mobil Baru untuk Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×