kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisnis sewa dan jual beli mobil bekas Serasi Autoraya melaju


Sabtu, 19 Mei 2018 / 15:35 WIB
Bisnis sewa dan jual beli mobil bekas Serasi Autoraya melaju


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mendekati Lebaran, PT Serasi Autoraya atau (SERA) yakni akan terjadi lonjakan permintaan sewa mobil dan penjualan mobil bekas. Peningkatan sewa khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya.

Agus Riyadi, Chief Operating Officer Trac-Astra Rent a Car Serasi Autoraya mengatakan, saat Lebaran, permintaan rental mobil meningkat minimal 30% dibandingkan bulan biasa. "Permintaan meningkat saat lebaran," kata Agus, Jumat (18/5).

Tercatat, hingga saat ini Trac-Astra Rent a Car telah mengelola sekitar 40.000 unit mobil. Selain segmen korporasi, permintaan sewa mobil juga datang dari kalangan perseorangan. Segmen korporasi masih mendominasi permintaan yakni sebesar 85%–90% dari total armada yang ada.

Khusus di saat Lebaran, permintaan sewa mobil dari segmen perseorangan mengalami peningkatan. "Trennya berpeluang naik, untuk itu kami adakan diskon 25%-30% hingga periode akhir Mei ini jelang lebaran," beber Agus.

Sementara, Halomoan Fischer, President Director Mobil88 Serasi Autoraya mengatakan, dua minggu sebelum lebaran permintaan mobil bekas biasanya meningkat pesat. "Rata-rata 15%–20% jika dibandingkan bulan biasa," terang Halomoan.

Sepanjang Januari-April 2018, penjualan mobil bekas Mobil88 mencapai 6.700 unit. Jenis mobil bekas yang masih paling diminati meliputi Multi Purpose Vehicle (MPV), yang diikuti Sport Utility Vehicle (SUV) dan City Car. Mobil dengan desain ruang yang besar dan seven seaters (tujuh penumpang) masih sangat di minati di pasar mobil seken Indonesia.

Saat ini, Mobil88 memiliki 21 cabang di sembilan kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Denpasar, Balikpapan, Medan, Pekanbaru, dan Palembang.

Menilik laporan keuangan Serasi Autoraya hingga akhir tahun lalu, porsi bisnis Trac-Astra Rent Car menggenggam 40% atau Rp 2,22 triliun dari total pendapatan perusahaan ini yang mencapai Rp 5,56 triliun. Sedangkan sisanya, disumbang dari bisnis jual-beli mobil bekas yang mencuil 38% dari pendapatan, disusul jasa logistik sebesar 22%.

Besarnya sumbangan Trac-Astra Rent Car terhadap pendapatan perusahaan ini, membuat Serasi Autoraya mengutamakan aliran belanja modal atau capital expenditure (capex) untuk bisnis sewa kendaraan tersebut. Tahun ini jumlah capex yang akan digelontorkan sekitar Rp 1,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×