INDUSTRI
Berita
Ekspansi toko, Sepatu Bata siapkan kocek Rp 28 M

BISNIS MANUFAKTUR

Ekspansi toko, Sepatu Bata siapkan kocek Rp 28 M


Telah dibaca sebanyak 2764 kali
Ekspansi toko, Sepatu Bata siapkan kocek Rp 28 M

JAKARTA. Untuk memperluas pangsa pasar di dalam negeri, PT Sepatu Bata Tbk gencar membuka toko baru. Tak hanya menambah outlet baru, produsen alas kaki ini juga sedang giat melakukan renovasi terhadap toko-toko lama.

Sekretaris Perusahaan PT Sepatu Bata Is Sugiyono menyebut, hingga penghujung tahun ini, perusahaan berencana membuka 40 toko baru. Rencananya, toko-toko tersebut akan dibuka di seluruh wilayah tanah air.

Sayang, dia enggan merinci lokasi tersebut. "Yang pasti, kami membidik wilayah yang bagus. Kalau ada wilayah strategis dan menguntungkan, pasti kami akan buka di situ", ujar Is, Kamis (2/8).

Memang, belakangan ini, perusahaan mulai membidik konsumen dari kelas menegah atas. Itu sebabnya, Bata membuka sejumlah outlet di mal- mal besar, seperti Pondok Indah dan Gandaria City. "Banyak orang suka jalan - jalan ke mal. Itu yang juga kami incar sekarang ini," papar Direktur Keuangan PT Sepatu Bata Fadzilah Bin Mohd Hussein.

Selain menambah toko baru, perusahaan juga masih akan terus merenovasi sejumlah toko lama. Namun, Is menolak merinci jumlah toko yang masih akan direnovasi sampai akhir tahun ini.

Adapun, sampai akhir Juli, perseroan telah merenovasi sebanyak 60 toko lama. Lokasi toko yang telah direnovasi antara lain di Cibubur Junction, Royal Plaza Surabaya, Pasar Baru Jakarta, dan Sudirman Purbolinggo.

Sedangkan, jumlah toko baru yang sudah dibuka sampai paruh pertama ini mencapai 26 toko. Itu artinya, pada semester kedua ini, perusahaan masih akan membuka sekitar 14 toko lagi.

Menurut Is, pihaknya telah menyiapkan investasi sebesar Rp 25 miliar hingga Rp 28 miliar untuk memuluskan rencana pembukaan toko baru, termasuk merenovasi toko.

Sebelumnya, Manajemen PT Sepatu Bata menyebutkan, tahun ini, perusahaan menargetkan mampu menguasai 12% pangsa pasar sepatu domestik. Sementara tahun lalu, Bata sudah menguasai pangsa pasar sebesar 7%.

Sampai kuartal pertama 2012, performa perusahaan ini masih positif. Perseroan berhasil membukukan penjualan Rp 152,6 miliar, atau meningkat 11% dibanding pencapaian kuartal pertama 2011.

Perseroan juga berhasil mengantongi laba bersih sejumlah Rp 9,2 miliar. Jumlah tersebut naik 31 % dibanding triwulan satu tahun lalu.

PT Sepatu Bata merupakan produsen sepatu yang berdiri sejak 1931. Hingga akhir tahun lalu, perseroan sudah punya total 569 toko atau outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain mempunyai hak paten atas merek bata, perseroan juga mempunyai hak paten atas beberapa merek lainnya, termasuk North Star, Power, Marie Claire, Bubblegummers, dan Weinbrenner. Saat ini, merek Bata berkontribusi hingga 50% terhadap total pendapatan perusahaan.

Kata Is, pihaknya akan memperkuat deretan merek yang sudah ada dengan meluncurkan model dan desain terbaru, seperti New Moccasino, Ballerinas, Angry Birds, dan Hello Kitty Batman.

Telah dibaca sebanyak 2764 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..