: WIB    —   
indikator  I  

Ekspor produk kecantikan ke Malaysia menanjak

Ekspor produk kecantikan ke Malaysia menanjak

JAKARTA. Indonesia berada di urutan ke-7 sebagai negara pemasok produk kecantikan Malaysia. Pangsa pasar yang digenggam sebesar 5,54%, setelah Thailand, Singapura, China, Amerika Serikat, Prancis, dan Korea Selatan.

Berdasarkan data Department Statistic of Malaysia, ekspor Indonesia tahun 2015 tercatat senilai RM 176,95 juta, naik sebesar 19,26% dibandingkan tahun 2014. Sementara itu, tren pertumbuhan rata-rata sebesar 11,8% dalam 3 tahun terakhir.

Tren konsumsi Malaysia pada produk kecantikan semakin meningkat, tidak saja di kalangan wanita dewasa, tetapi telah berkembang ke konsumen remaja dan pria. Hal ini terjadi seiring meningkatnya kebutuhan untuk berpenampilan lebih menarik. Tren impor produk kecantikan di Malaysia dalam tiga tahun terakhir juga menunjukkan pertumbuhan rata-rata sebesar 8,24% per tahun.

Sementara impor Malaysia tahun 2015 sebesar RM 3,19 milliar naik 12,23% dibandingkan tahun 2014.

Atase Perdagangan Malaysia Fajarini Puntodewi mencermati, di masa depan produk kecantikan dan perawatan badan diperkirakan dapat menjadi pendorong nilai ekspor Indonesia.

Sinergi pemerintah dan pelaku usaha merupakan kunci keberhasilannya. "Kerja sama pemerintah dan pelaku usaha dalam melakukan pengembangan produk dan promosi secara bersama sangat penting untuk memajukan produk Indonesia di pasar internasional,” kata Puntodewi, dalam siaran persnya, Jumat (20/5).


Reporter Handoyo
Editor Sanny Cicilia

EKSPOR IMPOR

Feedback   ↑ x
Close [X]