kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.131
  • SUN98,94 0,36%
  • EMAS618.112 0,33%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Gerai supermarket Midi Utama mulai berkembang

Kamis, 17 Mei 2018 / 15:34 WIB

Gerai supermarket Midi Utama mulai berkembang
ILUSTRASI. Alfamidi Super Fokus ke Gerai Independent Store?

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) selama ini dikenal sebagai pemain ritel berformat minimarket dengan flagship Alfamidi. Namun sejak tahun 2015 perusahaan mulai memperkenalkan format Alfasupermarket yang kemudian menjadi Alfamidi Super.

Selain Alfamidi dan Alfamidi Super, perusahaan juga memiliki satu brand lainnya yaitu Lawson Convenience Store. Ketiganya menyasar segmen yang berbeda untuk menopang kinerja perusahaan yang sepanjang tahun lalu mencatatkan hasil positif.

Arif L. Nursandi, Regional Corporate Communication Manager PT Midi Utama Indonesia Tbk mengatakan saat ini perusahaan mengoperasikan 1.460 gerai Alfamidi dan 14 gerai Alfamidi Super. Sedangkan untuk Lawson saat ini perusahaan memiliki 60 gerai.

"Kelas Alfamidi Super baru beberapa saja, masih dalam hitungan jari. Selain dari luasan gerai, perbedaan mencolok ada pada area fresh food yang lebih lengkap dan luas, serta item barang yang lebih banyak," ujar Arif kepada Kontan.co.id, Kamis (17/5)

Menurutnya, format gerai yang berbeda akan membuat perusahaan luwes dalam melakukan ekspansi gerai. Pasalnya, tidak semua wilayah di Indonesia mengizinkan penetrasi untuk gerai minimarket, sehingga format supermarket bisa penetrasi ke wilayah tersebut.

"Tergantung dari peraturan daerah yang berlaku, seperti di Yogyakarta, disana hanya boleh berdiri kelas supermarket maka Alfamidi disana kelasnya super," lanjut Arif.

Kendati perusahaan akan terus mengembangkan format gerai supermarket, namun tidak seluruh wilayah yang tidak membolehkan minimarket akan dimasuki sebab perlu kajian untuk melihat potensi pasar. "Sumatra Barat atau Padang kami belum ada rencana (ekspansi) kesana," lanjutnya.

Asal tahu saja, sampai dengan kuartal I-2018 kinerja perusahaan masih cukup baik. Pendapatan bersih tercatat meningkat 8,67% dari Rp 2,15 triliun menjadi Rp 2,33 triliun. Sedangkan untuk laba periode berjalan tercatat meningkat 12,76% dari Rp 18,36 miliar menjadi Rp 20,7 miliar.


Reporter: Andy Dwijayanto
Editor: Herlina Kartika

RITEL

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel santika premiere Slipi
26 July 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.1557 || diagnostic_web = 0.3227

Close [X]
×