: WIB    --   
indikator  I  

Januari-Juli, belanja iklan capai Rp 82,1 triliun

Januari-Juli, belanja iklan capai Rp 82,1 triliun

KONTAN.CO.ID - belanja iklan Januari-Juli, masih menunjukkan tren peningkatan. Jika, dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016, pertumbuhan belanja iklan tumbuh 6% yang lebih dikarenakan oleh kenaikan tarif. Telekomunikasi dan Layanan Online tumbuh hingga 30%.

Berdasarkan hasil temuan, Nielsen Advertising Information Services yang dirilis hari ini, Rabu (13/9) oleh Nielsen Indonesia, belanja iklan di TV dan media cetak di sepanjang Januari hingga Juli 2017 mencapai Rp 82,1 triliun.

Untuk periode Januari hingga Juli 2017, kategori produk yang mendorong pertumbuhan antara lain Telekomunikasi dan Layanan Online yang masing-masing tumbuh 32% dan 31% hingga mencapai Rp 3,7 triliun dan Rp 3,2 triliun.

Pertumbuhan di kategori Telekomunikasi ini dipengaruhi oleh belanja iklan Vivo smartphone yang meningkat 59 kali dibandingkan tahun lalu hingga mencapai Rp 462,4 miliar. Angka ini Disusul dengan Samsung dengan belanja iklan mencapai Rp 372,1 miliar dan meningkat sebesar 14 kali dari belanja iklan di tahun 2016.

Adapun untuk kategori Layanan Online, tiga pengiklan terbesar dan pendorong pertumbuhan untuk periode ini adalah Traveloka, Agoda, dan Shopee.

“Gaya hidup konsumen yang semakin mendekat ke arah digital mempengaruhi ketatnya kompetisi para penyedia jasa telekomunikasi dan layanan online khususnya e-commerce sehingga pengiklan semakin gencar beraktivitas di berbagai media. Terbukti pertumbuhan belanja iklan kedua kategori produk ini sangat kuat pertumbuhannya dibandingkan dengan kategori produk pengiklan terbesar lainnya” ujar Hellen Katherina, Executive Director, Head of Media Business, Nielsen Indonesia dalam siaran pers yang diterima KONTAN, hari ini (13/9).


 


Reporter Francisca Bertha Vistika
Editor Sanny Cicilia

BELANJA IKLAN

Feedback   ↑ x
Close [X]