kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAWAN meluncurkan situs crowd funding musik Kolase.com


Kamis, 01 Februari 2018 / 21:39 WIB
KAWAN meluncurkan situs crowd funding musik Kolase.com
ILUSTRASI. Situs crowfunding musik Kolase.com


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun ke tahun industri musik Indonesia dihadapi dengan permasalahan yang sama, salah satunya adalah pembajakan karya. Musisi melakukan rekaman dengan biaya produksi yang tidak sedikit, tapi belum sempat mencapai target penjualan, karya mereka sudah dibajak.

Hal ini tentu merugikan musisi dan pelaku industri musik. Namun itu hanya sebagian kecil dari berbagai masalah yang ada di industri musik tanah air. Oleh karena itu, PT. Kirai Adiwarna Nusantara (KAWAN) meluncurkan situs crowd funding Kolase.com.

Sebagai informasi, Kolase.com adalah situs crowd funding atau patungan online musik pertama di Indonesia yang mendapat kucuran dana senilai US$750.000 dari PT Global Basket Mulia Investama (Lokal).

“Bagaimana caranya agar musisi bisa tetap fokus berkarya tanpa harus lelah memikirkan biaya produksi di awal dan risiko yang bisa mereka hadapi jika ternyata karya mereka tidak laku di pasaran. Akhirnya saya memutuskan untuk mendirikan Kolase.com,” tutur Raden Maulana, selaku CEO dari Kolase.com dalam keterangan pers, Kamis (1/2).

Hal yang paling menantang menurut Raden saat ini adalah mengubah pola industri musik Indonesia. Dari yang tradisional, di mana prosesnya yang cukup melelahkan dan membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan sistem crowd funding yang lebih modern dan akan sangat dibutuhkan para musisi dan pelaku industri musik di Indonesia saat ini.

Meski saat ini pertumbuhan crowd funding di Indonesia cukup baik, tapi pemahaman dari crowd funding sebenarnya masih sangat kurang. Banyak yang lebih mengenal crowd funding sebagai bentuk penggalangan dana, padahal crowd funding juga merupakan bentuk revolusi dari e-commerce.

Berbeda dengan situs crowd funding lainnya di Indonesia, Kolase.com merupakan platform yang fokus terhadap musik. Selain itu, melihat kebutuhan dari para musisi di Indonesia, Kolase.com juga dapat memfasilitasi para musisi yang ingin mengembangkan produk 360 dengan membuat campaign di Kolase.com.

Meski fokus di bidang musik, tidak hanya musisi yang dapat membuat campaign di Kolase.com, melainkan siapa saja yang memiliki ide kreatif di bidang musik dan ingin industri musik Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Saat ini ada delapan kategori campaign yang bisa dibuat di Kolase.com, di antaranya adalah Album, Acara Live, Konser, Amal, Video Musik, Buku, Brand Extension dan juga Tur. Tapi di tahap awal peluncurannya, akan ada lima kategori campaign yang menjadi MVP, di antaranya adalah Album, Acara Live, Konser, Tur dan Amal.

Beberapa campaigner yang sudah bergabung di Kolase.com saat ini di antaranya adalah Fourtwnty, Ringgo 5, Gigscorner, Berlian Entertainment, Info Pensi, dan masih banyak lagi.

Di awal tahun 2018 ini, Kolase.com akan fokus pada peningkatan traffic dan mengedukasi masyarakat seputar crowd funding, serta manfaatnya bagi industri musik Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×