: WIB    —   
indikator  I  

Kominfo: Tak semua outlet berhak jadi registrator

Kominfo: Tak semua outlet berhak jadi registrator

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mensyaratkan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi outlet yang ingin menjadi tempat registrasi kartu prabayar.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Ahmad M. Ramli menjelaskan tidak semua distributor berhak menjadi registrator kartu prabayar, melainkan hanya distributor yang diberi wewenang operator. Ini sebagai salah satu langkah supaya data pelanggan tetap aman. "Nah, soal kriteria outlet seperti apa yang akan ditunjuk, itu akan dibahas minggu ini," ujar Ramli ketika dihubungi KONTAN.CO.ID, Rabu (8/11).

Menurut Ramli, distributor yang ditunjuk oleh operator nantinya harus memiliki tanggung jawab yang sama seperti gerai yang berada di bawah kendali operator. Pasalnya, "Operator menunjuk gerai yang terafiliasi dengan dia. Otomatis kalau dia nunjuk outlet, outlet harus mempunyai tangung jawab yang sama dengan gerai," ungkapnya.

Namun demikian, persoalan keamanan kerap menjadi perhatian pelanggan operator seluler. Untuk melakukan registrasi secara mandiri saja, keamanan data selalu menjadi sesuatu yang dipertanyakan, terlebih jika pemerintah memberikan izin kepada distributor.

Menurut Ramli, baik gerai maupun outlet akan terhubung langsung ke operator. Dengan kata lain, aktivasi sistem registrasi di outlet tetap akan dilakukan melalui operator. Dengan begitu, data pelanggan yang melakukan registrasi akan masuk ke operator dan operator yang akan melakukan validasi ke dukcapil.


Reporter Klaudia Molasiarani
Editor Markus Sumartomjon

REGISTRASI SIMCARD

Feedback   ↑ x
Close [X]