: WIB    --   
indikator  I  

Omron kenalkan robot kuli panggul

Omron kenalkan robot kuli panggul

Memanggul barang jelas bukan kegiatan mudah, apalagi jika bobot yang dipanggul sampai puluhan kilogram. Namun demikian, panggul memanggul barang, nyaris sulit dihindari dalam berbisnis terutama yang berurusan dengan gudang. Ada saja barang yang kudu dipindahkan dari satu titik ke titik yang lain.

Sebagai ganti tenaga orang, ada jenis kendaraan spesialis pemindah barang yang bisa dikemudikan sopir. Orang enggak perlu memanggul lagi, cukup pegang setir. Barang berbobot berat sekalipun mudah dipindahkan oleh kendaraan ini, selama ada sopirnya.

Seolah masih kurang efisien, baru-baru ini Omron memperkenalkan produk "robot kuli panggul". Robot yang mereka sebut Mobile Robot Seri LD ini memang berfungsi angkat junjung barang bak kuli panggul. 

Perbedaan dengan kendaraan pengangkat barang biasa, robot bikinan pabrik yang terkenal dengan produk alat kesehatannya ini miliki otak buatan alias artificial inteligent (AI). Tak perlu sopir, kuli panggul canggih ini bisa beroperasi selama 24 jam, dan memiliki kemampuan navigasi mandiri bahkan di lingkungan yang sangat dinamis sekalipun.

Menurut Business Planning Division Manager PT Omron Electronics Indonesia, Yukio Kishida, kecerdasan artifisial (AI) di robot ini memungkinkan dia berjalan di jalur paling efektif menuju lokasi tanpa bertubrukan dengan manusia atau benda lain di sekitarnya.

Mobile robot seri LD ini cocok untuk mengangkut stok barang dalam fasilitas gudang, pusat distribusi dan manufaktur. Setiap unit robot memiliki kapasitas angkut hingga 130 kilogram, tergantung jenis muatan. 

Dilengkapi dengan teknologi Acuity yang dipatenkan, mobile robot Omron memiliki sistem navigasi mandiri bahkan ketika berada di tengah kerumunan orang banyak, barisan palet, kereta barang dan forklift, ataupun di tengah kegiatan bongkar muat rak penyimpanan. 

Selengkapnya di Pressrelease.id


SUMBER : Pressrelease.id
Editor Hasbi Maulana

ROBOT INDUSTRI

Feedback   ↑ x