: WIB    —   
indikator  I  

Pemerintah targetkan 8 juta UKM go online 2019

Pemerintah targetkan 8 juta UKM go online 2019

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menargetkan ada 8 juta usaha kecil dan menengah (UKM) go online di tahun 2019 mendatang. Ini adalah komitmen yang akan dilakukan Kementerian, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), bersama para pelaku e-commerce di Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, Rabu (15/11) ingin agar para pelaku UMKM menjadi pemain utama dalam perkembangan ekonomi digital yang ada di Indonesia. Ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar ekonomi digital bisa dimanfaatkan dalam menumbuhkembangkan UMKM, menurunkan gap kesenjangan, dan mewujudkan ekonomi sharing, seperti UMKM yang menggunakan e-commerce untuk berjualan.

Guna menyukseskan program ini, Rudiantara menagtakan Kominfo mimiliki anggaran yang fleksibel untuk pemberian domain dan hosting 1 tahun agar pelaku UMKM memiliki situs dagang sendiri. Saat ini sudah ada 39.000 UMKM yang merasakan program ini.

Rudiantara memberikan contoh sukses pelaku ekonomi digital mendorong tumbuh kembangkan UMKM adalah Tokopedia saat ini memiliki 2,5 juta mitra, di mana 80% merupakan pelaku binis yang baru.

Deputi Produksi dan Pemasaran Kemkop dan UKM, I Wayan Dipta mengatakan, berdasarkan data, terdapat 3,79 juta UKM dari 59,2 juta UKM termasuk sektor pertanian yang sudah online. Ada sekitar 27,7 juta UKM non-pertanian saat ini. 

Agar UMKM dapat go-online, Wayan bilang Kemenkop UmKM tengah membenahkan standarisasi dan peningkatan kapasitas baik pelaku maupin produk UMKM yang ada di Indonesia. 

"Selain itu, Kemkop UKM juga memberikan akses pembiayaan melalui KUR dan LPDB," kata Wayan pada Kontan.co.id.

Tahun 2017, Kemenkop UKM sudah melakukan standarisasi dan sertifikasi terhadap 2.025 UMKM. Tahun depan, Wayan bilang bakal standarisasi 2.500 UMKM. Targetnya pada pemerintah Presiden Jokowi terdapat 50.000 UMKM terstandarisasi dan tersertifikasi.

Beberapa komitmen pelaku e-commerce

1. Blibli.com
CEO Blibli.com Kusumo Martanto menyatakan bahwa Blibli.com sudah kerja sama dengan Kemenkop UKM melalui Smesco. Selain itu Blibli.com juga memiliki program The bog star Indonesia yakni lomba bagi pelaku UKM. Bahkan blibli juha sudah melalukan roadshow keliling Indonesia sebanyak 70 kali. "Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan UMKM," ungkap Kusumo

2. Blanja.com
CFO Blanja.com Rino Rahman bilang Blanja.com sudah berkomitmen dengen kerja sama dengan Kominfo. Juga melalui Rumah Kreatif BUMN. Selain itu Blanja.com sudah bermitra dengan Kemenperin dan kemendag. "Kedepannya terus berkomitmen untuk mengembangkan UKM di Indonesia," ungkap Rino.

3. Tokopedia
Melissa Siska Juminto, Chief of Staff, Tokopedia mengatakan bahwa saat ini fokus dari Tokopedia dapat mewujudkan UMKM mitra punya panggung di Tokopedia. "Ga cuma go online tapi juga lebih dari itu seperti branding kapasitas UMKM. Selain itu fokus kami juga pemerataan ekonomi secara digital melalui UMKM," ungka Melissa.

4. Shopee
Partnership Manager Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakab bawah Shopee sudah berkomitmen mendorong tumbuh kembamy UKM denagn telah mengelar 150 kegiatan di 500 kabupaten dan kota. "Kita terus berkesinambungan dan dukung Kominfo melalui program 8 juta UKM Go Online. Sebab kita mengarah pada US$ 130 juta dolar di 2020," ungkap Radit.

5. Maraharimall.com
Head of Business Development Alvin Aulia Akbar mengatakan sejak berdiri 2 tahun, Mataharimcom telah komitmen mendukung UKM untuk go online. "Visi misi kami guna tumbuhka entreprenuer baru di Indonesia tidak hanya yang konvensional tapi juga digital," ungkap Alvin.

6. Bukalapak
Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri mengatakan Bukalapak hadir guna menjawab kegelisahan pelaku UMKM memasarka produknya. Saat ini terdapat 2 juta pelapak.


Reporter Maizal Walfajri
Editor Sanny Cicilia

E-COMMERCE

Feedback   ↑ x
Close [X]