kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN tambah infrastruktur Kelistrikan di KEK Palu


Jumat, 11 Agustus 2017 / 15:35 WIB
PLN tambah infrastruktur Kelistrikan di KEK Palu


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berkomitmen membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk menjamin kelancaran megaproyek ketenagalistrikan 35.000 Megawatt (MW). Salah satunya ialah membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang suplai listriknya diambil dari lokasi jaringan PLN yang paling dekat, yaitu PLTU Mpanau di Palu.

Selain itu, suplai pasokan listrik ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu juga diperkuat dengan jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) Feeder Khusus yang akan melayani kebutuhan listrik tahap pertama di KEK Palu sebesar 10 MW di sisi 20 kilo Volt (kV) dengan double circuit sepanjang 4,5 kilo meter sirkuit (kms).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi PLN, Syamsul Huda mengatakan, tugas PLN adalah menghadirkan infrastruktur ketenagalistrikan. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat, juga adalah untuk ikut mendukung kegiatan investasi di daerah demi tumbuhnya perekonomian. "Seperti yang dilakukan oleh PLN di KEK Palu," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (11/8).

Sementara itu, Agus Lamakarate mewakili PT Bangun Palu Sulteng (BPS) selaku pengelola KEK Palu menyatakan, dalam perencanaannya KEK Palu dengan lahan yang tersedia mencapai luas 1.500 hektare (ha), ke depannya secara bertahap akan membutuhkan listrik hingga mencapai 250 MW.

Pihaknya telah menyediakan lahan khusus yang dapat digunakan oleh PLN membangun Gardu Induk untuk kebutuhan melistriki kawasan KEK Palu. Kebutuhan listrik di KEK Palu ini, menurut perencanaan BPS, secara bertahap bisa mencapai hingga 250 MW.

"Untuk memberikan kepastian kepada para calon investor yang akan menggunakan kawasan KEK ini akan suplai listrik, BPS telah menyiapkan lahan bagi PLN untuk dapat digunakan membangun Gardu Induk," ungkapnya.

Maka dari itu, untuk mengantisipasi kebutuhan listrik di kawasan KEK Palu, PLN akan membangun Gardu Induk 150 kV dengan lahan yang dipersiapkan oleh pengelola KEK Palu, yang nantinya akan khusus melayani pelanggan yang berada di kawasan KEK Palu.

Selain itu, PLN juga tengah mempersiapkan pembangunan PLTU Palu 3 berkapasitas 100 MW yang berlokasi di kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah serta Mobile Power Plant (MPP) berkapasitas 60 MW. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×