: WIB    --   
indikator  I  

Produsen kopi lokal keluhkan akses permodalan

Produsen kopi lokal keluhkan akses permodalan

KONTAN.CO.ID - Saat ini perusahaan asing sedang gencar melakukan ekspansi terhadap perusahaan Indonesia. Contoh terbaru adalah anak perusahaan Massimo Zanetti Beverage Group yang mengakuisisi PT Caswells Indonesia, salah satu produsen kopi specialty.

Moelyono Soesilo, Ketua Departemen Specialty & Industri BPP Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) mengungkap, dalam waktu dekat akan ada produsen kopi asal Jepang yang akan mengakusisi produsen kopi lokal.

Menurut Moelyono, hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang membuka peluang bagi asing untuk berinvestasi di indonesia. Tak hanya itu, bagi pelaku usaha pun sulit untuk mendapatkan modal.

"Sekarang itu karena kebijakan pemerintah, investasi asing mudah masuk ke Indonesia, sementara akses pengusaha akan modal itu sulit. Bunga bisa di atas 10%, sementara akses bank sulit. Lebih sulit membuka usaha dari nol, daripada bekerjasama dengan asing. Ini yang dihadapi pengusaha Indonesia saat ini," tutur Moelyono.

Selain itu, Moelyono juga mengungkap asing gencar berekspansi di Indonesia lantaran potensi pasarnya yang masih besar. Untuk kopi misalnya, dia membandingkan potensi kopi di Indonesia dan Jepang. Dia bilang, bila membandingkan jumlah penduduk Indonesia dan Jepang dengan jumlah konsumsi kopi, maka pasar di Indonesia masih cukup besar.

Berdasarkan data 2016, Jepang dengan jumlah penduduk 128 juta orang konsumsi kopi sebanyak 7,5 juta karung per tahun. Sementara, di Indonesia dengan jumlah 50 juta orang, konsumsi kopi hanya 5 juta karung per tahun dimana 1 karung itu 60 kilogram. Jadi, kesempatan di pasar Indonesia masih berkembang.


Reporter Lidya Yuniartha
Editor Yudho Winarto

KOPI

Feedback   ↑ x
Close [X]