kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

XL Axiata sediakan internet cepat untuk sembilan sekolah di Kepulauan Seribu


Jumat, 23 Maret 2018 / 16:25 WIB
XL Axiata sediakan internet cepat untuk sembilan sekolah di Kepulauan Seribu
ILUSTRASI. Menara BTS XL Axiata


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) melanjutkan penyaluran hasil dari Program Gerakan Donasi Kuota ke lembaga-lembaga pendidikan di berbagai pelosok Indonesia. Bulan ini, donasi disalurkan ke wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Ada sembilan sekolah tingkat menengah pertama dan atas yang mendapatkan donasi berupa kuota akses ke internet cepat tersebut. Selain itu, ada juga dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mendapatkan donasi yang sama.

Bambang Parikesit, Vice President Jabodetabek & Banten XL Axiata mengatakan dengan donasi kuota ini, sebanyak 2.300 siswa anak-anak di Kepulauan Seribu akan mendapatkan akses internet cepat melalui sembilan sekolah setingkat SMP, SMA, dan SMK yang tersebar di sejumlah pulau.

"Selain itu, warga masyarakat secara umum juga akan bisa menikmati manfaat yang sama melalui dua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Koneksi internet cepat ini semoga juga bisa memfasilitasi para siswa dan pengajar dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sudah di depan mata," ujar Bambang dalam siaran pers, Jumat (23/3).

Menurut Bambang donasi kuota untuk masyarakat Kepulauan Seribu ini sekaligus merupakan dukungan kepada masyarakat setempat untuk bisa memanfaatkan lebih lanjut keberadaan jaringan data berkualitas yang terlah dihadirkan XL Axiata di wilayah itu. Saat ini, di seluruh Kabupaten Kepulauan Seribu telah terpasang sedikitnya 19 base receiver system (BTS) 3G dan tujuh BTS 4G di sejumlah pulau. Jaringan internet cepat 4G telah terpasang di wilayah tersebut sejak Juni 2017.

Ketersediaan infrastruktur internet cepat tersebut mendorong XL Axiata untuk memenuhi masukan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk membantu akses internet di sekolah-sekolah yang ada di Kepulauan Seribu. Akses tersebut mereka perlukan untuk menghadapi UNBK karena sampai saat ini fasilitas akses internet yang dimiliki sekolah-sekolah itu ada masih sangat terbatas.

Sekolah-sekolah yang mendapatkan donasi adalah SMPN 133 dan SMAN 69 (Pulau Pramuka), SMPN 241 dan SMKN 61 (Pulau Tidung), SMP Negeri 260 (Pulau Harapan), SMPN 285 (Pulau Untung Jawa), SMPN 288 (Pulau Lancang), SMPN Satu Atap 01 (Pulau Pari), SMPN Satu Atap 02 (Pulau Sabira). Sementara itu kedua PKBM masing-masing berada di Pulau Pramuka dan Pulau Untung Jawa.

Setiap sekolah penerima donasi akan mendapatkan mendapatkan masing-masing kuota data sebesar 20 GB/bulan selama 12 bulan (total 240 GB), serta satu unit router XL Home berkecepatan tinggi yang dapat diakses 32 siswa. Selain itu, XL Axiata juga akan memberikan pembekalan kepada siswa berupa pelatihan kepemimpinan melalui Program XL Axiata Youth Leadership Camp.

Sementara itu juga ada beberapa pelatihan yang akan diberikan, antara lain Internet Bagi Guru, Komunikasi Efektif dalam Belajar dan Bagaimana bergaul secara positif di Sosial Media, pelatihan dilakukan melalui Program Sisternet baik kepada siswa maupun para pengajar.

Untuk wilayah Jabodetabek dan Banten, sepanjang 2017 lalu XL Axiata sudah menyalurkan donasi akses internet ke 170 SMA/SMK. Dalam sebulan ke depan, XL Axiata akan kembali menyalurkan donasi kuota untuk 102 SMA/SMK di DKI Jakarta. Sementara itu, secara nasional, donasi kuota telah disalurkan ke total 280 sekolah yang manfaatnya bisa didapatkan oleh sekitar 122.000 siswa.

Pada Agustus 2017 lalu, XL Axiata meluncurkan “Gerakan Donasi Kuota” (GDK) guna menggalang partisipasi pelanggan dan masyarakat pada umumnya untuk secara sukarela mendonasikan kuota miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×