Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal
KONTAN.CO.ID - Jakarta Sebanyak 20 peserta terpilih dari 1.300 UMKM yang mendaftar program kompetisi dalam format reality show “Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas”, siap berkompetisi memperebutkan hadiah dukungan modal usaha senilai Rp1 miliar. Para peserta akan melewati tantangan membuat strategis bisnis yang meliputi aspek kewirausahaan di antaranya marketing, keuangan, logistik, operasional, hingga pengembangan produk.
Head of Corporate Affairs Shopee Indonesia, Satrya Pinandita menyampaikan bahwa program reality show UMKM perdana dari Shopee Indonesia ini dirancang sebagai wadah pengembangan dan peningkatan daya saing UMKM.
"Kami sangat mengapresiasi tingginya antusiasme para pengusaha lokal terhadap program ini, sehingga ada lebih dari 1.300 UMKM dari berbagai kategori bisnis yang mendaftar. Program ini dirancang agar UMKM bisa semakin mahir menyusun strategi bisnis yang efisien dan efektif untuk mendukung
pertumbuhan usaha, dengan kata lain, bagaimana UMKM bisa berdaya saing dan naik kelas” jelas Satrya saat ditemui di acara peluncuran ‘Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, Senin (29/9).
Satrya menambahkan tantangan di setiap episode ‘Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas’ dirancang khusus untuk menguji keterampilan para pengusaha UMKM secara holistik dalam mengembangkan usahanya di era digital. Di samping itu, para peserta dan masyarakat yang menonton program ini juga dapat memperoleh wawasan bisnis UMKM melalui kehadiran pakar bisnis sebagai juri dan mentor, serta tantangan bisnis untuk mengasah keterampilan para peserta.
Salah satu juri yaitu Founder & CMO BLP Beauty, Lizzie Parra mengatakan, “Aku senang sekali bisa jadi bagian dari program Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas. Sebuah kesempatan luar biasa bisa bertemu langsung dengan puluhan pengusaha UMKM hebat yang punya skill serta dedikasi luar biasa dalam mengembangkan usaha mereka,” katanya.
“Ada banyak knowledge baru yang bisa didapatkan penonton dari acara ini, termasuk bagaimana cara mengelola bisnis yang berkelanjutan dan cara beradaptasi di era digital saat ini. Aku berharap semakin banyak orang yang mengapresiasi dan bangga untuk membeli produk UMKM setelah menonton acara ini,” tambah Lizzie.
6 Tantangan untuk UMKM di Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas
Pada keenam episode program ini, para Jagoan UMKM akan menghadapi 6 tantangan yang berbeda. Peserta terbaik yang berhasil melalui tantangan hingga episode keenam akan mendapatkan hadiah utama senilai total Rp1 miliar sebagai modal pengembangan usaha dari bisnisnya di Shopee.
Dalam acara peluncuran, Satrya menjelaskan bahwa pada episode pertama, Jagoan UMKM akan mempresentasikan usaha mereka dengan mengelaborasi beberapa aspek seperti, Unique Selling Point (USP) dari brand dan produk yang mereka pasarkan, teknis operasional bisnis. Pertumbuhan hingga proyeksi pertumbuhan bisnis juga dipresentasikan di hadapan para juri.
Jagoan UMKM yang lolos di episode pertama akan mendapatkan tantangan yang lebih ‘menantang’ di episode kedua. Mereka harus mengembangkan produk baru dengan tema ‘Cinta Indonesia’ berikut dengan strategi pemasaran yang optimal agar produknya bisa diterima di pasar, jelasnya. Sebagai bocoran, episode ini menghadirkan Founder of ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, sebagai juri tamu yang menilai dan memberikan insight terhadap produk yang dikembangkan.
Untuk mempertajam strategi pemasaran, pada episode ketiga Jagoan UMKM mendapatkan tantangan membuat video kreatif untuk mempromosikan produk mereka. Hasil video para peserta dinilai para juri utama plus kedatangan CEO Bittersweet by Najla sekaligus Content Creator, Najla Bisyir sebagai juri tamu.
Tantangan di episode keempat menitikberatkan pada aspek operasional. Para Jagoan UMKM harus mengatur strategi untuk mengirimkan puluhan paket dengan cepat, tepat, dan aman ke beberapa titik layanan ekspedisi. Tantangan ini dibuat untuk mempertajam pemahaman pengusaha UMKM terhadap kegiatan operasional bisnis dari hulu ke hilir secara detail.
Memasuki babak akhir kompetisi, Jagoan UMKM yang lolos akan menghadapi tantangan lebih holistic. Pada episode kelima, mereka harus meramu strategi untuk menggalang suntikan pendanaan dalam simulasi pitching kepada 3 calon investor dalam waktu hanya 1 menit per masing-masing investor. CEO
Hangry Indonesia, Abraham Victor hadir sebagai juri tamu sekaligus calon investor yang akan dihadapi peserta.
“Pada babak Grand Final Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas, Jagoan UMKM kembali menghadapi dewan juri untuk mempresentasikan strategi bisnis dan pemasaran produk jangka panjang. Selain itu, mereka ditantang melakukan live streaming dalam durasi panjang dan berlomba untuk menjual produk sebanyak mungkin secara langsung. Dihadiri Menteri UMKM Maman Abdurrahman dan CEO Erigo & Erspo, Muhammad Sadad sebagai juri tamu, pada episode ini akan diumumkan Jagoan UMKM terbaik yang berhak atas hadiah dukungan modal usaha senilai Rp1 miliar,” jelas Satrya.
Setiap episode Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas akan menyajikan keseruan dan memberikan insight serta wawasan berharga bagi pengusaha UMKM, masyarakat, dan penonton. Untuk itu, saksikan reality show web-series Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas yang tayang di kanal YouTube resmi Shopee Indonesia setiap hari Minggu pukul 19:00 WIB, mulai tanggal 5 Oktober 2025.
Agar semakin seru, masyarakat juga dapat berpartisipasi mengikuti Kuis Jagoan UMKM dan Program Voting Partisipan Favorit selama periode penayangan Shopee Jagoan UMKM Naik Kelas.
Selanjutnya: Trump Kenakan Tarif Baru 10% untuk Impor Kayu dan Tarif 25% untuk Meja Rias
Menarik Dibaca: Kesempatan Terakhir Promo Chatime Payday Funday, Minuman Favorit Cuma Rp 19.000/Cup
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News