kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45797,85   3,90   0.49%
  • EMAS949.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.00%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

3 Indonesia menyebut lalu lintas data naik 48% pada bulan Ramadan


Rabu, 20 Mei 2020 / 17:17 WIB
3 Indonesia menyebut lalu lintas data naik 48% pada bulan Ramadan
ILUSTRASI. Jika dibandingkan bulan sebelumnya, 3 Indonesia telah mencatat kenaikan lalu lintas data sebesar 22%.

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Hutchison 3 Indonesia menyebut terjadi lonjakan lalu lintas data hingga minggu ketiga bulan Ramadan. Jika dibandingkan bulan sebelumnya, 3 Indonesia telah mencatat kenaikan lalu lintas data sebesar 22%.

Sedangkan bila dibandingkan dengan Ramadan tahun lalu terjadi peningkatan sebesar 48%. Kenaikan ini sesuai dengan prediksi 3 Indonesia yang memperkirakan adanya lonjakan penggunaan internet yang lebih besar selama bulan Ramadan karena didorong oleh imbauan dari pemerintah untuk beraktivitas dari rumah selama masa pandemi berlangsung.

Berdasarkan data yang dihimpun tim teknikal 3 Indonesia, kenaikan lalu lintas data selama tiga minggu pertama bulan Ramadan didominasi oleh penggunaan layanan e-commerce sebesar 77% yang disebabkan maraknya aktivitas belanja online selama bulan Ramadan berlangsung. 3 Indonesia memperkirakan tren ini akan berlanjut dan mencapai puncaknya pada pekan perayaan Idul Fitri.

Baca Juga: Operator Telekomunikasi Bakal Ketiban Berkah Larangan Mudik

Daerah yang mengalami kenaikan trafik layanan tertinggi di antaranya Kisaran, Sumatra Utara sebesar 9%, dan Cianjur-Sukabumi sebesar 8%, dan kemudian diikuti oleh Karawang, Serang dan Tasikmalaya sebesar 7%. Hal ini juga dipengaruhi dengan adanya penerapan PSBB di beberapa daerah tersebut.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, banyak pelanggan 3 Indonesia yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Silaturahmi kini dilakukan melalui pesan singkat, dan video call. Untuk selalu menghubungkan seluruh pelanggan, kami melakukan optimasi kualitas dan kualitas jaringan agar pelanggan tetap dapat menjalankan ibadah dan silaturahmi di Hari Raya dengan nyaman meskipun harus tetap berada di rumah masing-masing,” ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia dalam siaran pers, Rabu (20/5).

Untuk mengantisipasi lonjakan lalu lintas data selama Hari Raya Idul Fitri, 3 Indonesia melakukan upaya optimasi jaringan di 216 point of interest (POI) yang terfokus pada daerah padat penduduk dan jalur transportasi logistik di seluruh Indonesia. Secara lebih detail, terdapat 45 POI di Sumatera, 95 POI di Jabodetabek dan Jawa Barat, 41 POI di daerah Jawa lainnya, Bali, dan Nusa Tenggara, beserta 31 POI di Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga: Berkah Pandemi Corona, XL Axiata (EXCL) Mendulang Laba

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, 3 juga telah membangun 2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumahsakit rujukan COVID-19.

“Kami senantiasa memantau dan mengendalikan jaringan kami dari Network Operation Center (NOC) yang beroperasi selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, termasuk selama Hari Raya berlangsung. Kami berharap seluruh upaya ini dapat membantu pelanggan kami untuk dapat beribadah serta bersilaturahmi dengan keluarga dan orang-orang tercinta secara virtual dengan nyaman,” tutupnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×