kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

40 Jalan tol ini akan terapkan pembayaran nirsentuh tanpa berhenti, mana saja?


Rabu, 24 November 2021 / 06:00 WIB
40 Jalan tol ini akan terapkan pembayaran nirsentuh tanpa berhenti, mana saja?
ILUSTRASI. Kementerian PUPR melalui BPJT bakal menerapkan sistem transaksi tol nontunai dan nirsentuh pada akhir 2022. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar baik bagi pengguna jalan tol di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) bakal menerapkan sistem transaksi tol nontunai dan nirsentuh yang berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF). 

Melansir unggahan akun instagram resminya di @kemenpupr, Senin (22/11/2021), sistem MLFF ini ditargetkan akan mulai diimplementasikan pada akhir 2022. 

Membenarkan informasi tersebut, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan bahwa sistem MLFF ini mulai diberlakukan pada Desember 2022 di sebagian daerah. 

"Tol di Metropolitan Jabodetabek salah satunya. Sementara alternatif lain di Tol Trans-Jawa," kata Danang, melansir Kompas.com, Senin. 

Ia turut menyampaikan, keputusan untuk implementasi Fase 1 dari total 40 ruas jalan tol yang akan mengadopsi sistem MLFF akan diturunkan pada Maret 2022. 

Sebagai informasi, sistem MLFF adalah inovasi sistem pembayaran nontunai nirsentuh yang menerapkan teknologi Global Navigation Satellite Sytem (GNSS) pada aplikasi khusus jalan tol di ponsel penggunanya. 

Baca Juga: Jalan tol nontunai nirsentuh MLFF mulai diterapkan akhir 2022

Nantinya, GPS bakal menentukan lokasi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map-matching atau pencocokan dengan peta GPS akan berjalan di sistem pusat. 

Ketika mobil yang dikendarai keluar tol dan proses pencocokan berakhir, sistem akan menghitung kalkulasi tarif. Dengan adanya sistem ini, diharapkan pengguna tol tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan pembayaran. 

Waktu tempuh bisa lebih singkat dan antrean di gerbang tol bisa ditekan. Selengkapnya, berikut 40 ruas jalan tol yang akan mengadopsi sistem MLFF. 

  1. Tol Jakarta-Tangerang
  2. Tol Tangerang-Merak
  3. Tol Prof Dr Sediyatmo
  4. Tol JORR W1 Kebon Jeruk-Penjaringan
  5. Tol JORR W2 Utara Kebon Jeruk-Ulujami
  6. Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami
  7. Tol Pondok Aren-Serpong
  8. Tol JORR Non S (W2S-E1-E2-E3)
  9. Tol JORR S Pondok Pinang-Ulujami Akses




TERBARU

[X]
×