Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Markus Sumartomjon
JAKARTA. Metode pembayaran elektronik yang kian populer dalam transaksi ritel membuat PT Modern Putra Indonesia, pengelola jaringan convenience store 7-Eleven (Sevel), menggandeng MasterCard untuk mendukung kemudahan bertransaksi.
Dalam kerjasama ini, MasterCard akan melayani transaksi elektronik lewat kartu debit di gerai 7-Eleven. Saat ini, sekitar 50%-60% pembayaran di Sevel masih didominasi uang tunai dan kartu debit, sisanya kartu kredit.
Bagi 7-Eleven, bertransaksi secara elektronik lebih efisien ketimbang pembayaran tunai. "Bagi konsumen juga lebih praktis dan aman karena tidak perlu membawa uang tunai ketika berbelanja," ujar Neneng Sri Mulyati, Kepala Divisi Pemasaran dan Hubungan Masyarakat 7-Eleven, Selasa (22/10).
Selain untuk alasan efisiensi, melalui kerjasama ini, Modern Putra berharap jumlah pengunjung Sevel bisa bertambah dari saat ini rata-rata 2.000 pengunjung per hari per gerai menjadi 3.000 pengunjung per gerai per hari. Sayang, Neneng tidak menyebut angka target pertumbuhan.
MasterCard sendiri tercatat memiliki lebih dari 40 juta pengguna di seluruh Indonesia. Dalam kerjasama ini, Modern Putra membidik 10%-20% pemegang MasterCard yang berdomisili di Jabodetabek bertransaksi secara elektronik.
Saat ini, Modern Putra sudah mengoperasikan 135 gerai Sevel di wilayah Jabodetabek. Tahun lalu, jumlah gerai Sevel masih 117 gerai. Artinya Modern Putra sudah menambah 18 gerai baru tahun ini.
Neneng memproyeksikan, jumlah gerai baru hingga penghujung tahun ini tidak akan bertambah terlalu banyak. Ini agak aneh. Sebab, di ahun-tahun sebelumnya, Modern Putra bisa menambah 50 gerai dalam setahun.
Namun, Neneng membantah kondisi ini menunjukkan ekspansi Sevel melambat. "Sejak awal, kami memang tidak menetapkan target harus membuka berapa gerai baru per tahun," kilahnya.
Menurut Neneng, saat ini perusahaannya masih fokus mematangkan rencana memperluas jaringan ke Bodetabek. Maklum, saat ini, jumlah yang berada di luar Jakarta itu masih di bawah 10 gerai. Namun, sejauh ini belum ada rencana ekspansi ke kota di luar Jabodetabek.
Selain itu, anak usaha PT Modern Internasional Tbk (MDRN) ini juga terus menyiapkan infrastruktur untuk kemitraaan bisnis dalam bentuk waralaba. Sayang, Neneng enggan memaparkan persiapan apa yang dimaksud.
Neneng juga belum bisa memastikan, kapan Modern Putra bakal menawarkan waralaba 7-Eleven kepada masyarakat umum
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News