kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Langkah Pertamina amankan suplai BBM


Jumat, 08 Juli 2016 / 13:09 WIB
7 Langkah Pertamina amankan suplai BBM


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Menghadapi arus balik mudik Lebaran, PT Pertamina (Persero) menyiapkan langkah-langkah strategis untuk memastikan kelancaran pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk masyarakat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, tantangan baru akan segera dimulai pada arus balik yang diprediksi terjadi akhir pekan ini.

"Kami melakukan persiapan-persiapan terbaik untuk hadapi arus balik nanti. Kami berharap semua langkah persiapan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik," ujar Wianda dalam keterangan resminya, Jumat (8/7).

Wianda menambahkan, pihaknya terus melakukan sinergi dengan instansi terkait dalam menghadapi arus balik.

"Tentu saja kerja sama erat antara Pertamina dan pemangku kepentingan seperti Kepolisian, Kemenhub, Dinas Perhubungan setempat, serta BPJT sangat diperlukan untuk memastikan layanan BBM kepada masyarakat benar-benar optimal," jelas Wianda.

Beberapa langkah krusial disiapkan Pertamina untuk hadapi arus balik Lebaran 2016 khususnya untuk wilayah-wilayah padat arus balik.

Brebes, Tegal, dan Cikampek yang menjadi titik pertemuan jalur dari Selatan, Utara, dan Timur menjadi fokus perhatian.

1. Pertamina akan menambah armada mobil tangki BBM berikut awak mobil tangki sebanyak 25 pasangan untuk dapat secara bergantian beroperasi 24 jam.

2. Penambahan jumlah petugas juga dilakukan pada operasional TBBM, termasuk petugas lapangan, pemantauan stok, dan kondisi lalu lintas.

3. Pertamina juga menambah cadangan BBM berbagai jenis di SPBU hingga maksimal.

4. BBM dalam kemasan yang sempat jadi favorit pemudik juga akan diperbanyak hingga lebih dari 55 kilo liter, serta mempersiapkan pengisian ulang sedekat mungkin dengan titik-titik pasokan atau penjualan.

Sebanyak 13 titik kios Pertamax di Pantura dan jalur Selatan dioperasikan, baik untuk arus mudik dan balik dengan masing-masing kios sebanyak 200-400 kemasan.

Titik-titik tersebut meliputi check point Polda Kedungwaringin (Bekasi), RM Taman Selera (Indramayu), Kantor Camat Ciasem (Subang), Cijeunjing (Ciamis), Balai Perikanan (Subang) Brimob Cirebon, RM Sari Rasa (Tasikmalaya), Lapangan Alun-alun Limbangan (Garut), rest area KM 86 Cipali, rest area KM 70 Cipali, rest area KM 50 Cikampek, rest Area KM 130 Cipali, dan Rest Area KM 227 Palikanci.

5. Mobil dispenser BBM sebagai "SPBU bayangan" yang beroperasi dibeberapa lokasi, yaitu Pintu Masuk Tol Brebes Timur, Pertigaan Pantura Pejagan, Pertigaan Pantura Ketanggungan-Jatibarang yang berisi 6000 liter, 10.000 liter dan 16.000 liter Pertamax.

Selanjutnya akan ditambah untuk memastikan pelayanan lebih optimal, di antaranya di rest area Jakarta Cikampek KM 49-50 dan, dan standby di bahu jalan tol Brebes dan Cikampek dengan pengawalan kepolisian.

6. Mobil pick up dan pasukan motor yang telah terbukti andal melawan kemacetan juga akan diperbanyak.

7. Bekerja sama dengan Kepolisian untuk dapat menambah kekuatan personel untuk pengawalan distribusi BBM, termasuk penjagaan dan pengaturan di SPBU, seperti mencegah pedagang eceran BBM liar.

Untuk menambah kenyamanan masyarakat dalam arus balik, Pertamina juga menyiapkan minuman dan makanan ringan Bright gratis sebanyak 4200 paket.

Pembagian paket yang akan dilakukan mulai Jumat 8 Juli 2016 hingga Minggu 10 Juli 2016 tersebar di tujuh titik SPBU, yaitu Wanasari (Brebes), Sudirman (Brebes), Margadana (Tegal), Muri (Tegal), Pasifik (Tegal), Suradadi (Tegal), dan Comal (Pemalang).

"Semua persiapan tersebut dilakukan oleh Pertamina demi memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang mudik maupun akan balik nanti," pungkas Wianda.

(Pramdia Arhando Julianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×