kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada ancaman impor daging ayam dari Brasil, ini tanggapan Widodo Makmur (WMUU)


Senin, 26 April 2021 / 11:45 WIB
Ada ancaman impor daging ayam dari Brasil, ini tanggapan Widodo Makmur (WMUU)
ILUSTRASI. perusahaan peternakan ayam


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan unggas tanah air harus menghadapi sejumlah tantangan di awal tahun ini. Selain harga live bird dan DOC yang belum stabil, mereka juga harus menghadapi ancaman gempuran importasi pakan ternak dan daging ayam dari Brasil. 

PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) mengakui pihaknya tetap optimistis bersaing di tengah gempuran ketidakstabilan industri unggas tersebut. 

Chief Marketing & Sales Officer Widodo Makmur Unggas, Tri Mahawijaya Herlambang mengatakan optimisme ini didasari oleh ekosistem rantai produksi secara end-to-end  yang didukung juga oleh fasilitas yang dimiliki oleh holding, Widodo Makmur Perkasa Grup. 

"Hal ini memungkinkan kami untuk melakukan cost reduction dan tetap menghasilkan produk dengan standar mutu yang tinggi," jelasnya kepada Kontan.co.id, Minggu (25/4). 

Adapun perihal tantangan masuknya daging ayam impor dari Brasil, diakui Maha justru menjadi motivasi WMUU terus meningkatkan kompetensi dan daya saing dengan produk impor. Menurutnya, tugas pelaku industri unggas juga turut  mendukung peternak lokal. 

Baca Juga: Rumah potong ayam baru mulai beroperasi, Widodo Makmur (WMUU) siap genjot produksi

Lantas untuk menghadapi aral-melintang tersebut, WMUU tentu sudah menyiapkan strategi untuk mempertahankan pasarnya. Maha mengatakan saat ini Widodo Makmur Perkasa telah menjalankan berbagai kerjasama strategis dengan berbagai perusahaan industri olahan dan distributor.

 

"Kami meyakini dengan menjaga atau meningkatkan harga yang kompetitif serta kualitas mutu produk yang baik kami akan dapat mempertahankan bahkan memperluas pasar perusahaan," ujarnya. 

Bahkan WMUU telah berencana untuk menambah kapasitas rumah potong dan produksi ayam broiler. Rinciannya, penambahan kapasitas rumah potong atau slaughterhouse naik mencapai 25.500 ekor per jam dari yang sebelumnya 13.500 ekor per jam. Kemudian, kapasitas produksi ayam broiler mencapai 6,4 juta broiler. 

Sejalan dengan rencana ini, Widodo Makmur Unggas juga akan memperluas kanal distribusi dengan menggaet partner strategis dan merangkul UMKM melalui program kemitraan. Upaya ini dilakukan supaya UMKM dapat mengambil peran penting sebagai saluran distirbusi dari produk-produk WMUU. 

Selain itu, Maha menegaskan perlu diingat bahwa pangsa pasar daging ayam bukan hanya berada di Indonesia, melainkan masih terbuka luas di seluruh dunia. "Dengan value added dan diferensiasi produk yang ditawarkan perusahaan, kami yakin dapat memperluas pangsa pasar serta jaringan kanal distribusi dari produk  kami," pungkasnya. 

Selanjutnya: Biaya produksi mahal, Indonesia dibayangi ancaman impor daging ayam impor dari Brazil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×