kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45798,53   4,58   0.58%
  • EMAS949.000 0,74%
  • RD.SAHAM 0.00%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ada corona, sejumlah emiten tekstil bakal sesuaikan capex tahun ini


Jumat, 15 Mei 2020 / 19:11 WIB
Ada corona, sejumlah emiten tekstil bakal sesuaikan capex tahun ini
ILUSTRASI. PT Asia Pacific Investama Tbk terus berupaya menambah kapasitas produksi. Dalam waktu dekat, produsen benang dan kain ini berniat membeli mesin produksi baru.

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gara-gara Corona, sejumlah emiten tekstil sudah berencana melakukan penyesuaian belanja modal di tahun ini. Bukan hanya merevisi bahkan sudah ada menunda seluruh rencana belanja modalnya karena kondisi pasar yang penuh ketidakpastian. 

Saat ini PT Asia Pacific Fibers Tbk (POLY) sedang mengkaji penyerapan belanja modalnya.

Baca Juga: Ekspansi jalan terus, serapan capex Arwana Citramulia (ARNA) sudah sekitar 35%

Prama Yudha Amdan, Head of Corporate Communications and Public Relations  POLY menjelaskan sebelumnya perseroan menganggarkan belanja modal di tahun ini sebesar US$ 10 juta untuk  peremajaan mesin produksi dan pengembangan produk baru yang akan direalisasikan pada awal semester II 2020. 

"Terkait ini, benar akan terjadi penyesuaian dan pemangkasan (belanja modal). Kami berfokus  pada survival saat pandemi terlebih dahulu dan menunda aktivitas yang sifatnya tambahan," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (15/5).  

Adapun besaran aktual penyesuaiannya diakui Prama masih dalam kajian direksi. Katanya bisa saja capex yang sudah disiapkan batal diserap atau ditunda pemakaiannya. Pertimbangan mereka adalah sumber utama capex POLY dari internal generation sehingga sangat terkait dengan kondisi pasar saat ini. 

Kemudian PT Asia Pacific Investama Tbk (MYTX) telah memutuskan untuk menunda seluruh rencana belanja modalnya di sepanjang tahun ini karena penjualannya sudah turun 50%. 

Baca Juga: Ada WFH, transaksi harian Mandiri Sekuritas justru melesat 36%

Direktur MYTX Carel Christanto Machmud menyatakan sudah pasti tidak ada belanja modal dengan kondisi seperti ini. "Sebelumnya MYTX sudah menyiapkan belanja modal. Namun tertunda karena pandemi," ungkapnya. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×