kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada vaksinasi gratis di Bandara Soekarno-Hatta, catat lokasi dan waktu pelaksanaannya


Kamis, 15 Juli 2021 / 06:25 WIB
Ada vaksinasi gratis di Bandara Soekarno-Hatta, catat lokasi dan waktu pelaksanaannya
ILUSTRASI. Layanan vaksinasi di Bandara Soetta beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, mulai 12-25 Juli 2021. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan-Kementerian Kesehatan (KKP-Kemenkes) Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II, dan Traveloka meluncurkan layanan vaksinasi di bandara. Kerjasama ini dilakukan dalam rangka mendukung percepatan distribusi vaksin nasional. 

Lokasinya di Terminal 2 dan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Layanan vaksinasi ini beroperasi setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB, mulai 12-25 Juli 2021 dengan menyasar masyarakat umum usia 18 tahun ke atas termasuk lansia, tanpa syarat domisili. 

Vaksinasi menargetkan 14.000 penerima vaksin untuk dosis pertama selama dua minggu periode pelaksanaan. 

"Salah satu prioritas pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 saat ini adalah dengan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Target kami untuk dapat melakukan vaksinasi satu sampai dua juta dosis setiap harinya. Untuk itu, kerja sama dengan berbagai pihak sangat diperlukan, seperti yang dilakukan oleh Kemenkes, KKP, AP II, dan Traveloka untuk menghadirkan layanan vaksinasi di bandara ini," kata Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu melalui keterangan tertulis, Rabu (14/7/2021). 

Baca Juga: BIN lakukan vaksinasi door to door tiru pelaksanaan sejumlah negara

Senada dengan Kemenkes, Executive General Manager Bandara Internasional Soetta Agus Haryadi menuturkan, pentingnya untuk memberikan kemudahan akses vaksinasi kepada masyarakat. 

Menurut dia, pemilihan lokasi vaksinasi di kawasan bandara dinilai tepat karena sebagai akses keberangkatan dan kedatangan penumpang dengan traffic yang cukup tinggi. 

"Bandara merupakan gerbang bagi masyarakat yang harus bepergian ke kota lain dengan jumlah pengunjung harian yang cukup banyak. Oleh karena itu, menghadirkan fasilitas vaksinasi di bandara diharapkan dapat memudahkan orang yang akan melakukan perjalanan untuk melindungi dirinya maupun daerah tujuannya. Tak hanya bagi orang yang melakukan perjalanan saja, kami juga membuka layanan ini untuk masyarakat umum, termasuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar bandara, guna mendorong terbentuknya herd immunity di Jabodetabek," kata Agus. 

Baca Juga: Nakes segera mendapat booster vaksin Covid-19, Satgas: Masyarakat cukup dua dosis




TERBARU

[X]
×