kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45902,56   -0,59   -0.07%
  • EMAS933.000 -0,64%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Adi Sarana (ASSA) sebut pengiriman paket Anteraja meningkat sepanjang kuartal 1-2021


Kamis, 08 April 2021 / 07:00 WIB
Adi Sarana (ASSA) sebut pengiriman paket Anteraja meningkat sepanjang kuartal 1-2021

Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) mencetak kenaikan volume pengiriman barang sepanjang kuartal pertama tahun ini. Presiden Direktur Adi Sarana Armada Prodjo Sunarjanto mengatakan, bisnis pengiriman barang ASSA terus meningkat.

Sayangnya, ia belum dapat menyebutkan detail kenaikan tersebut ketimbang periode yang sama tahun 2020.

Melalui anak usaha PT Adi Bersama, ASSA menargetkan rata-rata pengiriman bisa mencapai 400.000 parsel per hari hingga akhir tahun 2021.

“Angka ini sudah tercapai, bahkan minggu lalu sudah mencapai 600.000, tapi secara rata-rata bisa sekitar 350.000-400.000 delivery per hari,” terang Prodjo kepada Kontan.co.id, Rabu (7/4).

Ke depannya, Prodjo memperkirakan tren pengiriman paket tersebut juga akan terus meningkat. Terlebih, ada momentum Puasa dan Lebaran yang bisa mengerek kinerja jasa pengiriman ini.

Baca Juga: Adi Sarana Armada (ASSA) mendirikan usaha reparasi alat komunikasi

Lebih lanjut, ia bilang pengiriman parsel pada Puasa dan Lebaran bisa meningkat 20% hingga 30% ketimbang bulan-bulan biasanya, apalagi sekarang ada larangan untuk mudik.

“Umumnya volume pengiriman meningkat, apalagi dengan larangan mudik. Kemungkinan pengiriman paket akan meningkat cukup tinggi,” tambahnya.

Guna mencapai target pengiriman 400.000 parcel per hari, Anteraja telah dan sedang menambah jumlah kurir dan lokasi operasional. Tak hanya itu, AnterAja pun tengah membangun jaringan dalam rangka memperluas jangkauan.

Pada bulan lalu, ASSA menandatangani perjanjian kredit dengan PT Bank BCA Syariah atas penambahan fasilitas pembiayaan modal kerja musyarakah (revolving) sebesar Rp 50 miliar untuk penambahan modal kerja usaha PT Adi Bersama.

Sebelumnya, manajemen ASSA memandang bahwa prospek jasa pengiriman pada sektor bisnis dagang e-commerce ini sangat besar.

Apalagi saat pandemi dan adanya pembatasan sosial berdampak kepada bisnis pengiriman yang meningkat signifikan di sektor perdagangan e-commerce seiring juga dengan adanya perkembangan bisnis jual beli secara daring di Indonesia.

Pada tahun lalu, Anteraja berhasil meningkatkan volume pengiriman mencapai lebih dari 500% dibandingkan dengan akhir tahun 2019. 

Tercatat, Anteraja telah memberikan kontribusi pendapatan terhadap entitas induk yaitu PT Adi Sarana Armada (ASSA) sebesar Rp 484,3 miliar atau 21,3% terhadap total pendapatan ASSA di kuartal ketiga 2020.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Investasi Reksadana dan Saham (VIRTUAL) NEGOTIATION FOR EVERYONE Batch 2

[X]
×