kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Adi Sarana Lelang (Bidwin) akuisisi JBA Indonesia senilai Rp 146,2 miliar


Jumat, 15 Februari 2019 / 18:27 WIB

Adi Sarana Lelang (Bidwin) akuisisi JBA Indonesia senilai Rp 146,2 miliar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) melalui anak usahanya PT Adi Sarana Lelang (Bidwin) Jumat (15/2) menandatangani perjanjian jual beli saham untuk mengakuisisi 51% kepemilikan saham PT JBA Indonesia. PT JBA Indonesia merupakan perusahaan lelang otomotif dari Jepang.

Sisa kepemilikan saham sebesar 33,4% dimiliki Japan Bike Auction Company Ltd, 7,8% dimiliki oleh PT Summit Auto Group dan 7,8% oleh Mitusi&Co; Ltd. Total biaya akuisisi tersebut sekitar Rp 146,2 miliar. Bidwin dan PT JBA Indonesia resmi bergabung menjadi satu brand dengan menggunakan PT JBA Indonesia atau JBA. Akuisisi ini akan memberikan manfaat besar untuk rencana ekspansi Perseroan.


"Akuisisi saham ini merupakan langkah strategis dari ASSA dalam menciptakan sinergi bisnis yang kuat sebagai balai lelang otomotif terbesar dan terbaik di Indonesia," tutur Presiden Director ASSA Prodjo Sunarjanto usai penandatanganan akuisisi di Kantor ASSA, Jumat (15/2).

Saat ini lokasi balai lelang & pool kendaraan milik Bidwin yang semula 11 lokasi juga bertambah menjadi 17 lokasi yang tersebar di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Semarang, Makasar, Palembang, Balikpapan, Banjarmasin dan lainnya.

Rencananya usai akuisisi ini JBA akan langsung melakukan ekspansi dengan menambah 4 lokasi balai lelang dan pool kendaraan di beberapa kota. Diantaranya Bali, Pontianak dan Medan.

Bidwin sendiri merupakan anak usaha dari PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) yang bergerak di bisnis rental kendaraan dengan aset lebih dari Rp 3,3 triliun. Sedangkan PT JBA Indonesia ialah perusahaan lelang otomotif Jepang, mulai berdiri di Indonesia sejak November 2011.


Reporter: Lita Febriani
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×