kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agung Podomoro Land (APLN) Jual 85% Sahamnya atas Central Park Mall


Selasa, 18 Oktober 2022 / 11:18 WIB
Agung Podomoro Land (APLN) Jual 85% Sahamnya atas Central Park Mall
Pengunjung beristirahat di taman sekitar Mal Central Park, Jakarta, Minggu (7/2/2021). Agung Podomoro Land (APLN) Jual 85% Sahamnya atas Central Park Mall.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) menjual 85% kepemilikan sahamnya atas Central Park Mall (CP Mall) Jakarta kepada perusahaan Jepang Hankyu Hanshin Properties Corp. melalui anak usahanya PT CPM Assets Indonesia (CPM) yang baru-baru ini diakuisisi.

Direktur Utama APLN Bacelius Ruru mengatakan, sebagai perusahaan properti, mereka berusaha untuk selalu mengoptimalkan setiap peluang bisnis, termasuk dalam divestasi CP Mall. 

"Kami optimistis berbagai langkah strategis yang dilakukan Perusahaan akan semakin memperkuat kinerja dan mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan dalam jangka panjang,” kata Bacelius Ruru, Direktur Utama APLN melalui keterangan resminya (18/10).

Baca Juga: APLN Canangkan Bukit Podomoro Jadi Kawasan Bisnis di Jakarta Timur

Meski tidak disebutkan berapa nilai dari penjualan saham CP Mall tersebut, perseroan mengaku dana hasil divestasi CP Mall akan digunakan untuk memperkuat likuiditas APLN serta melunasi sebagian pinjaman ke Guthrie Venture Pte. Ltd. yang jatuh tempo pada 20 November 2022 mendatang.

Setelah melakukan divestasi, APLN juga kembali menginvestasikan dana hasil penjualan saham tersebut ke CPM sebagai bentuk kemitraan bisnis dengan Hankyu Hanshin Properties Corp. Dengan demikian, APLN memiliki 28,58% saham di CPM.
 
“Divestasi CP Mall akan memperkuat likuiditas perusahaan, sehingga eksekusi terhadap rencana pembangunan proyek-proyek properti yang kami miliki akan semakin solid. Yang lebih penting lagi, pelunasan pinjaman Guthrie juga dapat meningkatkan efisiensi biaya dan profitabilitas Perusahaan yang lebih baik di masa depan,” kata Bacelius. 

Transaksi ini bukan merupakan transaksi yang mengandung unsur transaksi afiliasi. Transaksi ini bersifat material namun merupakan kegiatan usaha yang dijalankan perusahaan dalam rangka menghasilkan pendapatan usaha dan dijalankan secara rutin, berulang, dan/atau berkelanjutan mengingat perusahaan bergerak dalam bidang real estate

Baca Juga: Meski Bunga Acuan Naik, BNI Tawarkan KPR Berbunga Fix Mulai 2,76%

Mall yang mulai beroperasi pada 9 September 2009 ini memiliki total luas yang dapat disewakan lebih dari 128.000 M2, dan pada bulan Agustus 2022 tingkat okupansinya mencapai hampir 95%. 

Pusat perbelanjaan ini berada di kawasan Podomoro City Jakarta yang dilengkapi dengan apartemen, hotel, dan ruang perkantoran. Penghuni kawasan Podomoro City mencapai lebih dari 20.000 jiwa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×