kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agung Podomoro Sebut Insentif PPN DTP Permudah Membeli Properti di Akhir Tahun


Jumat, 08 Desember 2023 / 21:46 WIB
Agung Podomoro Sebut Insentif PPN DTP Permudah Membeli Properti di Akhir Tahun
ILUSTRASI. Proyek properti Bukit Podomoro Jakarta


Reporter: Fahriyadi | Editor: Fahriyadi .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten properti, PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) mengapresiasi kebijakan pemerintah yang memberikan stimulus bagi sektor properti nasional melalui insentif Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk hunian hingga harga Rp 5 miliar. Agung Podomoro optimistis insentif pajak tersebut dapat meningkatkan penyerapan properti sampai akhir tahun ini.

Corporate Marketing Director Agung Podomoro Agung Wirajaya menjelaskan tren permintaan sektor properti nasional pada akhir tahun biasanya cenderung stagnan. Pada saat itu masyarakat lebih banyak mengalokasikan anggarannya untuk biaya libur Natal dan Tahun Baru. Namun hadirnya insentif PPN DTP diharapkan dapat menaikkan daya beli properti oleh masyarakat hingga penghujung tahun 2023. Apalagi pemerintah juga sudah memberikan stimulus lain seperti Down Payment 0 persen.

“Banyaknya insentif yang diberikan pemerintah ini menjadi momentum yang tepat bagi masyarakat untuk segera mengeksekusi rencana membeli properti. Jika menunggu tahun berganti risikonya harga bisa berubah, begitu juga dengan pembiayaan dari perbankan. Selagi banyak insentif dan bunga KPR sangat rendah, ini adalah waktu terbaik membeli properti,” kata Agung dalam keterangannya, Jumat (8/12).

Pemerintah telah mengesahkan insentif PPN DTP melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 120 Tahun 2023 Tentang Pajak Pertambahan Nilai Atas Penyerahan Rumah Tapak Dan Satuan Rumah Susun Yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2023 per 21 November 2023. Dalam beleid tersebut, pemerintah memberikan insentif untuk pembelian properti hingga harga Rp 5 miliar.

Bagi konsumen yang akan menerima unit rumah dari Januari-Juni 2024 bakal mendapatkan insentif PPN DTP 100 persen. Sementara untuk konsumen yang baru menerima unit properti pada Juli hingga Desember 2024, besaran PPN DTP yang diperoleh 50%. Fasilitas PPN DTP bisa dimanfaatkan untuk setiap satu orang pribadi atas perolehan satu rumah tapak atau satuan rumah susun.

Dari segmen produk, PPN DTP ditujukan bagi rumah tapak dan rumah susun. Untuk rumah tapak, dalam aturan disebutkan bahwa rumah tapak termasuk bangunan tempat tinggal yang sebagian dipergunakan untuk toko atau kantor. Adapun dari segmen konsumen, insentif tidak hanya ditujukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI), namun juga untuk Warga Negara Asing (WNA) yang sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Agung melanjutkan, dengan luasnya segmen produk dan konsumen yang diatur dalam beleid PPN DTP, maka akan semakin membuka lebar terserapnya properti-properti eksisting milik Agung Podomoro. Penyerapan tersebut akan menciptakan dampak positif bagi kinerja perseroan. Oleh karena itu, Agung Podomoro memanfaatkan momentum ini secara maksimal.

“Agung Podomoro akan memaksimalkan insentif ini dengan mempromosikan secara masif proyek-proyek unggulan perseroan serta menawarkan ragam promo yang menarik. Kami percaya properti-properti Agung Podomoro merupakan pilihan terbaik bagi konsumen,” kata Agung.

Agung Podomoro memiliki ragam produk properti yang sesuai ketentuan insentif PPN DTP. Untuk rumah tapak dan rumah susun, perseroan mempunyai proyek-proyek eksisting seperti Kota Podomoro Tenjo, Podomoro Golf View Cimanggis, Podomoro City Deli Medan, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Park Bandung, Parkland Podomoro Karawang, dan Borneo Bay City Balikpapan. Dari sisi harga, produk-produk seperti Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Park Bandung, hingga Borneo Bay City juga dapat menjadi pilihan bagi WNA yang ingin membeli properti di Indonesia.

Untuk memudahkan konsumen memiliki properti Agung Podomoro, perusahaan menghadirkan promo menarik bertemakan “Year End, Quick Deals”. Melalui promo ini, konsumen akan mendapatkan one day approval (langsung akad) dan bebas biaya provisi. Bagi konsumen yang ingin melakukan pembelian melalui skema pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) & Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), Agung Podomoro telah menjalin kerja sama dengan Bank Mandiri, Bank Nasional Indonesia, Bank Syariah Indonesia, dan Maybank Indonesia.

“Sebagai pemimpin pasar, Agung Podomoro akan terus berada di posisi terdepan dalam menggerakkan sektor properti nasional dengan menghadirkan inovasi dalam produk dan layanan secara berkelanjutan bagi konsumen. Kami percaya komitmen kuat ini akan memberikan nilai tambah bagi sektor properti dan konsumen serta menguatkan value perusahaan,” tutup Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×