kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

AirAsia enggan berspekulasi adanya persaingan usaha tidak sehat


Senin, 04 Maret 2019 / 18:09 WIB

AirAsia enggan berspekulasi adanya persaingan usaha tidak sehat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai AirAsia merasa dirugikan dengan tidak adanya tiket yang dijual lewat online travel agent Traveloka. Pada hari ini (4/3) AirAsia resmi melakukan suspensi permanen terhadap Traveloka.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan mengatakan, pihaknya tidak mau berspekulasi terkait adanya dugaan persaingan tidak sehat melalui agen penjualan online. "Kami menunggu jawaban dari mereka. Sisanya business as usual," katanya.


Bahkan Dendy tidak berniat melaporkan hal tersebut kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Menurutnya, kekecewaan itu bisa saja nanti datang dari masyarakat. "Biar masyarakat yang menilai," tambahnya.

Menurut Dendy, ada perjanjian antara online travel agent dengan Traveloka. Penjualan tiket lewat Traveloka umumnya memiliki harga yang sama seperti di situs resmi AirAsia yakni airasia.com.

"Ada komisinya karena mereka bantu jual seat kita, angkanya tidak bisa disebutkan," jelasnya.

Jika memang alasannya lebih karena isu teknis, kata Dendy, seharusnya pihak Traveloka bisa memberikan kejelasan lewat tim IT. Tapi hingga saat ini AirAsia mengaku belum menerima penjelasan tersebut.


Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×