kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AirAsia membatalkan penerbangan ke dan dari Wuhan


Minggu, 26 Januari 2020 / 14:25 WIB
AirAsia membatalkan penerbangan ke dan dari Wuhan
ILUSTRASI. Pesawat udara parkir di Apron Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (7/3/2019). Penerbangan Air Asia dari Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket ke Wuhan dibatalkan hingga 28 Januari 2020.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menindaklanjuti arahan Civil Aviation Administration of China (CAAC) terkait penanganan Wuhan novel coronavirus, AirAsia membatalkan penerbangan ke dan dari Wuhan dan memperbolehkan penumpang mengubah jadwal untuk kota lainnya di Tiongkok.

AirAsia juga kini menawarkan kompensasi bagi penumpang yang ingin mengatur ulang perjalanannya ke/dari seluruh kota di Tiongkok tanpa tambahan biaya, sesuai dengan ketersediaan kursi.

Manajemen AirAsia menyebut, penerbangan dari Kota Kinabalu, Bangkok, dan Phuket ke Wuhan untuk sementara waktu masih dibatalkan hingga tanggal 28 Januari 2020.

Baca Juga: Lion Air: Tujuh penumpang asal China yang tiba di Manado negatif virus corona

Di lansir dari laman resmi airasia.com, AirAsia menawarkan kompensasi bagi penumpang yang ingin mengatur kembali rencana perjalanannya ke/ dari Wuhan dan kota lainnya di Tiongkok, sebagai berikut:

1. Ubah Jadwal (Move Flight): Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 30 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi. Tersedia untuk penerbangan ke/ dari seluruh kota di Tiongkok kecuali Wuhan hingga 15 Februari 2020 yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020; ATAU

2. Akun Kredit (Credit Account): Kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja, tergantung pada ketersediaan. Tersedia untuk penerbangan ke/ dari semua kota di Tiongkok hingga 15 Februari 2020 (atau hingga 29 Februari untuk penerbangan ke/ dari Wuhan) yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020; ATAU

3. Pengembalian Dana (Full Refund): Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan, senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan. Tersedia untuk penerbangan ke/ dari seluruh kota di Tiongkok hingga 15 Februari 2020 dan penerbangan pulang tanggal 16-29 Februari 2020 yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020.

Baca Juga: Gara-gara virus corona, AirAsia meniadakan semua rute penerbangan ke Wuhan

Permohonan pengembalian dana dapat diajukan melalui AVA yang dapat diakses melalui support.airasia.com. Dari pilihan menu yang tersedia, klik kategori “Pengembalian Dana”, lalu klik “Permohonan Pengembalian Dana Baru”, pilih "Penerbangan ke dan dari Wuhan" ATAU “Pengembalian Dana Sukarela Cina” untuk penerbangan ke/ dari kota lainnya di Tiongkok. Lalu ikuti arahan selanjutnya.

Pengembalian dana untuk tiket yang dipesan melalui agen perjalanan (travel agent) termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan.

Manajemen AirAsia memastikan akan selalu mengutamakan penumpang dan karyawan, serta mengikuti arahan dan peraturan dari pemerintah setempat, CAAC, dan otoritas kesehatan lokal dan dunia, termasuk World Health Organization (WHO).

AirAsia mengimbau kepada penumpang yang berada di Wuhan untuk mengikuti arahan dari pemerintah Tiongkok dan otoritas kesehatan, serta menghubungi kantor kedutaan atau perwakilan diplomatik yang berada di Tiongkok untuk bantuan lebih lanjut. AirAsia juga terus memantau situasi dan menyampaikan informasi kebijakan terbaru sesuai dengan perkembangan terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×