kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Hotel Four Points Kuta, Pakuwon Jati (PWON) Gelontorkan Dana Rp 165 Miliar


Rabu, 15 Maret 2023 / 06:51 WIB
Akuisisi Hotel Four Points Kuta, Pakuwon Jati (PWON) Gelontorkan Dana Rp 165 Miliar
ILUSTRASI. Pakuwon Jati (PWON) mengumumkan telah membeli Hotel Four Points Kuta, Bali senilai Rp 165 miliar dari PT Umah Benesari


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) mengumumkan telah membeli Hotel Four Points Kuta, Bali senilai Rp 165 miliar dari PT Umah Benesari pada tanggal 10 Maret 2023.

Direktur Pakuwon Jati Minarto mengungkapkan bahwa pembelian hotel dengan 185 kamar ini menggunakan kas perusahaan sebagai bentuk pengembangan usaha. Manajemen juga menegaskan, posisi kas dan setara kas perusahaan cukup untuk mendanai pembelian di atas dan tidak akan mengganggu stabilitas arus kas.

Berdasarkan laporan keuangan September 2022, kas dan setara kas PWON tercatat sebesar Rp 7,9 triliun.

Dia juga menerangkan bahwa tujuan akuisisi ini guna menangkap peluang baru di luar Jakarta dan Surabaya. "Diversifikasi geografis untuk memperoleh potensi atau peluang basis pertumbuhan baru di luar Surabaya dan Jakarta," tulisnya dalam keterbukaan informasi, Selasa (14/3).

Baca Juga: Aktivitas Kembali Normal, Pakuwon (PWON) Estimasikan Recurring Income Tumbuh 30%

Perseroan berharap tambahan portofolio dalam keadaan beroperasi ini akan semakin memperkuat basis pertumbuhan dari peningkatan pendapatan berulang (recurring income) maupun arus kas perusahaan untuk tahun-tahun mendatang.

Tahun ini, PWON memproyeksikan kontribusi pendapatan berulang tumbuh 30%. Adapun recurring income PWON didorong dari 27 portofolio aktifnya. Pakuwon memiliki 13 pusat perbelanjaan, enam perkantoran, dan delapan hotel.

Untuk pusat perbelanjaan, saat ini PWON juga sedang mengembangkan proyek Pakuwon Mall Bekasi. Pada proyek tersebut, Pakuwon berinvestasi sebesar Rp 2,1 triliun. Adapun progres konstruksi telah mencapai 15% pada pertengahan Februari kemarin.

 

Tahun ini PWON menganggarkan belanja modal atawa capital expenditure (capex) sebesar Rp 2,4 triliun di 2023. Sebesar Rp 1,5 triliun akan digunakan untuk pembelian lahan di Batam, Jawa Tengah, dan Bali. Untuk di Batam, perseroan juga telah berhasil menambah tabungan lahan (landbank) seluas 13 ha di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×