kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amarta Karya menjalin kemitraan strategis dengan Esco Oil Indonesia


Jumat, 30 April 2021 / 21:02 WIB
Amarta Karya menjalin kemitraan strategis dengan Esco Oil Indonesia
ILUSTRASI. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi PT Amarta Karya (Persero) atau AMKA.


Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Amarta Karya (AMKA), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Konstruksi, menandatangani nota kesepahaman dengan PT Esco Oil Indonesia dalam rangka kerjasama penyediaan jasa konstruksi. Acara penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama AMKA Nikolas Agung dan Direktur Utama PT Esco Oil Indonesia Michael John Weeks. Hadir pula pada acara ini Direktur Keuangan AMKA Hidayat Wahyudi, Direktur Operasional AMKA Royaldi Rosman dan Komisaris Utama ESCO Taufik Hidayat.

Direktur Utama AMKA Nikolas Agung menyampaikan, pihaknya mengapresiasi kesempatan untuk bekerjasama dengan perusahaan migas multinasional ESCO. 
“Karena itu, kami akan melakukan best effort dan best practice agar proyek di bidang jasa konstruksi ini bisa dilaksanakan dengan lancar. Kami yakin dan optimis bahwa dengan strategi perseroan yang sedang kami jalankan saat ini, salah satunya melalui kemitraan strategis, dapat terus meningkatkan kinerja AMKA sebagai perusahaan yang andal serta mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (30/4).

Acara ini juga dihadiri oleh Corporate Secretary AMKA Brisben Rasyid, Asisten Direktur Operasional AMKA Runsa Rinaldi, Kepala Divisi Operasi I AMKA Firman Sri Sugiharto, Kepala Divisi Keuangan AMKA Pandhit Seno Aji, Kepala Divisi Human Capital & Business Development AMKA Antony Ramdhan dan Business Development Advisor AMKA Oki Fahreza.

Kerjasama ini merupakan implementasi dari kemitraan strategis dalam meningkatkan kinerja AMKA dibidang jasa konstruksi, khususnya dalam proyek – proyek yang akan dilaksanakan oleh ESCO di Indonesia diantaranya Hydrogen Plat di Cilacap, LPG Terminal di Bengkulu, Indramayu, Sibolga dan Batam, TPPI Olefin Plant Complex Development Tuban dan Crude Oil Storage Tank di Cilacap, Lawe-Lawe, Dumai.

Baca Juga: BUMN Akan Bangun Proyek Industri Seperti Silicon Valley Senilai Rp 18 triliun

Nikolas menegaskan, melalui kerjasama ini AMKA kian optimis meraih target pendapatan hingga Rp 1,5 triliun. Sebab kemitraan strategis menjadi salah satu strategi kunci untuk mengkonversi peluang di situasi yang sarat akan tantangan ini. Rencana kerjasama ini merupakan langkah nyata AMKA untuk mengembangkan bisnis agar AMKA semakin berkualitas dan memiliki pengalaman yang lebih baik dalam dunia jasa konstruksi.

Direktur Utama ESCO Michael John Weeks mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi yang sangat besar untuk berinvestasi. 
Negara-negara seperti Amerika, Uni Emirates Arab dan negara Eropa lainnya sangat ingin berinvestasi di Asia Tenggara dan saat ini adalah waktu yang tepat, termasuk salah satunya adalah peluang yang bagus di Indonesia. 

“Dalam kurun waktu sekitar 5-6 bulan ini saya mengadakan pertemuan dengan beberapa perusahaan di Indonesia dan menurut saya mereka adalah perusahaan perusahaan yang sangat berkompeten dibidangnya masing-masing termasuk Amarta Karya. Saya berharap Esco dan AMKA bisa melakukan kerjasama ini dengan baik selama 5 tahun ke depan,” tutur John.

ESCO akan memulai pekerjaan proyek tahap pertama yang direncakan tahun ini dengan Badak LNG dan kemudian dilanjutkan dengan proyek Pertamina Cilacap RU IV. Ruang lingkup kerja sama jasa konstruksi yang akan dikerjakan oleh AMKA meliputi pondasi, pekerjaan sipil, pekerjaan struktur baja, pekerjaan Mekanikal Elektrikal (ME) umum (firefighting, HVAC, utility piping, power generation system), dermaga dan pelabuhan, bangunan kantor, serta pabrik.

AMKA akan bertanggung jawab penuh dengan pelaksanaan kegiatan proyek di beberapa lokasi yang akan dijalankan bersama ESCO dan AMKA optimis akan bekerja secara maksimal, optimal dan memiliki loyalitas yang besar. Langkah ini diyakini Direktur Utama AMKA Nikolas Agung mampu menjadi motor dalam melipatgandakan pendapatan perseroan sekaligus berkontribusi dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selanjutnya: BUMN AMKA teken MoU proyek infrastruktur dalam rangka pemulihan ekonomi nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×