kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak Usaha Indika Energy (INDY) Kini Miliki 100% Saham Natura Aromatik


Kamis, 28 Maret 2024 / 11:52 WIB
Anak Usaha Indika Energy (INDY) Kini Miliki 100% Saham Natura Aromatik
ILUSTRASI. Indika Nature, anak perusahaan PT Indika Energy Tbk. (INDY) yang menyediakan solusi berbasis alam, menambah saham kepemilikan saham di PT Natura Aromatik Nusantara (Natura) menjadi 100%.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indika Nature, anak perusahaan PT Indika Energy Tbk. (INDY)  yang menyediakan solusi berbasis alam, menambah saham kepemilikan saham di PT Natura Aromatik Nusantara (Natura) menjadi 100%. 

Sebagai informasi, Natura merupakan perusahaan penghasil minyak atsiri (essential oil) dengan volume ekspor terbesar keempat di Indonesia. Penandatanganan dilakukan pada 27 Maret 2024, di Jakarta oleh Leonardus Herwindo, CEO Indika Natur dan disaksikan Hanny Kuncoro Hendarso, Komisaris Indika Nature. 

Dengan selesainya transaksi ini,  Indika Nature resmi mengelola penuh Natura dalam memproduksi produksi bahan kimia aroma, minyak atsiri, dan ekstrak alami.

Leonardus bilang, transaksi antara Indika Nature dan Novotel International Care Extracts, salah satu pemegang saham Natura, ini merupakan langkah strategis Indika Nature untuk memperkuat supply chain atau rantai pasokan agroforestri khususnya pada sektor komoditas minyak atsiri.

"Produk agroforestri seperti minyak atsiri memiliki potensi yang sangat besar dan merupakan salah satu produk unggulan Indonesia yang perlu dikembangkan dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan,” tutur Leonardus dalam keterangan resminya, Kamis (28/3).

Baca Juga: Sederet Emiten Holding Getol Ekspansi ke Energi Hijau, Bagaimana Prospek Sahamnya?

Didirikan pada tahun 2014, Natura adalah salah satu perusahaan nasional yang memproduksi senyawa aroma, minyak atsiri, dan ekstrak alami berkualitas tinggi dengan menggunakan bahan baku alami Indonesia. 

Natura saat ini beroperasi di Solo, Jawa Tengah dan merupakan eksportir minyak atsiri keempat terbesar di Indonesia dan melayani lebih dari 20 negara. Produk penjualan Natura yang utama saat ini adalah Eugenol dan Patchouli Oil yang mencakup senyawa aroma alami dan sintetik yang berasal dari daun cengkeh dan minyak atsiri alami yang diperoleh dari penyulingan daun tanaman nilam. 

Indonesia, sebagai produsen utama minyak atsiri, kaya akan bahan baku alami yang penting digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari wewangian, aromaterapi, perawatan pribadi, hingga industri farmasi.

Indika Nature saat ini menjalankan bisnis solusi berbasis alam, dengan cara mengelola lebih dari 170.000 hektar lahan konsesi, melalui sistem pertanian dan perkebunan regeneratif. Setiap kegiatan diharapkan akan memberikan manfaat bagi iklim, keanekaragaman hayati, dan penghidupan petani.

Selain agroforestri, Indika Nature juga mengelola hutan tanaman industri yang telah disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC), untuk memproduksi biomassa (woodpellet) yang akan digunakan oleh pembangkit energi netral karbon. 

“Indika Nature dan Natura memiliki keselarasan tujuan, yaitu meningkatkan perekonomian dan menciptakan masa depan yang berkelanjutan melalui solusi berbasis alam. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk tetap menjaga bumi agar tetap lestari bagi generasi mendatang,” kata Leonardus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×