kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.009,04   -4,47   -0.44%
  • EMAS942.000 1,07%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Anak usaha Japfa (JPFA) menyetor Rp 9,8 miliar pada perusahaan patungan indukan udang


Senin, 12 Oktober 2020 / 07:00 WIB
Anak usaha Japfa (JPFA) menyetor Rp 9,8 miliar pada perusahaan patungan indukan udang


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Suri Tani Pemuka menandatangani perjanjian perusahaan patungan alias joint venture agreement dengan Hendrix Genetics Aquaculture BV pada Jumat (9/10). Perusahaan patungan tersebut nantinya akan memiliki dan mengoperasikan pusat induk atau broodstock multiplication center (BMC) udang di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Japfa Comfeed Indonesia Maya Pradjono mengatakan, pendirian perusahaan patungan menggunakan modal awal sebesar Rp 20 miliar. “Suri Tani Pemuka akan mengambil bagian 49% atau Rp 9,8 miliar dan Hendrix Genetics Aquaculture akan mengambil bagian 51% atau Rp 10,2 miliar,” ujar Maya dalam keterangan tertulis yang dimuat pada laman keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia.

Sebagai informasi, Suri Tani Pemuka merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi pakan ikan dan ikan udang, pembenihan dan pembesaran ikan dan udang, dan pengolahan produk ikan dan udang. Mengintip laporan keuangan konsolidasi JPFA, kepemilikan saham Suri Tani Pemuka dikuasai 100% oleh JPFA per 30 Juni 2020 lalu.

Sementara itu, Hendrix Genetics Aquaculture merupakan entitas induk dari unit bisnis Aqua Genetics dari Hendrix Genetics Grup (HG Grup). Asal tahu, Hendrix Genetics Aquaculture Grup disebut-sebut sebagai pemasok utama indukan udang bebas patogen yang khusus dikembangkan secara genetik untuk industri udang Indonesia.

Baca Juga: Harga ayam broiler naik, ini rekomendasi saham Japfa Comfeed (JPFA)

Untuk menunjang bisnis perusahaan patungan ke depan, Suri Tani Pemuka akan membangun dan memiliki BMC senilai Rp 33,5 miliar untuk disewakan kepada perusahaan patungan selama 10 tahun pertama dengan harga pasar. Selain itu, Suri Tani Pemuka juga akan memberikan opsi kepada perusahaan patungan untuk membeli BMC tersebut dengan harga pasar.

Maya bilang, pendanaan investasi Suri Tani Pemuka pada perusahaan patungan maupun dalam pembangunan  BMC akan bersumber pada dana internal dan/atau pinjaman bank. “Transaksi ini diharapkan tidak memberikan dampak material terhadap nilai aset berwujud bersih konsolidasi per saham dan laba konsolidasi per saham Japfa untuk tahun buku berjalan,” tutup Maya.

Baca Juga: Akuisisi So Good Food, begini prospek saham dan kinerja Japfa Comfeed (JPFA)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×