kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Jasa Marga dapat Rp 660 miliar untuk lunasi kontraktor tol BORR seksi II


Jumat, 03 Agustus 2018 / 11:18 WIB
Anak usaha Jasa Marga dapat Rp 660 miliar untuk lunasi kontraktor tol BORR seksi II
ILUSTRASI. Uji beban di jalan layang proyek Tol BORR Seksi II B


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Marga Sarana Jabar (MSJ) yaitu anak PT Jasa Marga Tbk (JSMR) yang mengelola proyek Jalan Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) mendapatkan pendanaan fasilitas kredit sebesar Rp 660 miliar dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Pinjaman ini akan digunakan untuk melunasi biaya Contractor Pre Finance (CPF) pembangunan proyek Jalan Tol BORR Seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin.

Penandatanganan perjanjian kredit tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT MSJ Hendro Atmodjo serta Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI Edwin Syahruzad di Sahid Sudirman Center, Jakarta, Kamis (2/8).

Pinjaman kredit tersebut memiliki tenor pengembalian 13 tahun sejak penandatanganan perjanjian pembiayaan, termasuk grace period pembayaran angsuran hutang pokok sampai dengan bulan Agustus 2019.

"Fasilitas pembiayaan yang diberikan SMI memiliki tenor panjang dan bunga yang kompetitif sehingga membantu MSJ dalam mengelola cash flow perusahaan," kata Hendro Atmodjo, Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar dalam keterangan resminya, Jumat (3/8).

Skema CPF biasanya dilakukan untuk mempercepat pembangunan karena memungkinkan proyek didanai terlebih dulu oleh kontraktor pelaksana.

Proyek Jalan Tol BORR Seksi IIB sendiri memiliki panjang 2,65 kilometer. Jalan Tol BORR Seksi IIB ini telah selesai dibangun pada akhir Maret 2018 dan telah dioperasikan sejak tanggal 7 Juni 2018. Proyek tersebut memiliki nilai investasi sebesar Rp 850 miliar.

Jalan Tol BORR Seksi IIB merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dengan sudah beroperasinya Jalan Tol BORR Seksi IIB, maka dapat mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar.

Jalan Tol BORR atau Lingkar Bogor ini juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta. Sementara itu, pembangunan Jalan Tol BORR Seksi IIIA (Simpang Yasmin-Semplak) sepanjang 2,7 km direncanakan akan memulai konstruksi pada November 2018 dengan masa pembangunan selama 18 bulan.

Secara keseluruhan, Jalan Tol BORR dibagi menjadi empat seksi, yakni Seksi I Ruas Sentul Selatan-Kedung Halang (3,85 km) telah beroperasi sejak Nobember 2009, Seksi IIA Ruas Kedung Halang-Kedung Badak (1,95 km) telah beroperasi sejak Mei 2014, Seksi IIB Ruas Kedung Badak-Simpang Yasmin (2,65 km) telah beroperasi Juni 2018, dan Seksi III meliputi Ruas Simpang Yasmin-Salabenda (4,9km).


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×