kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Analis: Peralihan saham ke subholding hulu bakal dorong kinerja Elnusa


Senin, 06 September 2021 / 18:39 WIB
Analis: Peralihan saham ke subholding hulu bakal dorong kinerja Elnusa
ILUSTRASI. Gedung kantor PT Elnusa Tbk?di Jakarta Selatan.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Peralihan saham PT Elnusa Tbk (ELSA) sebesar 41,1% dari PT Pertamina (Persero) ke Subholding Upstream, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dinilai bakal mendongkrak kinerja ELSA.

Direktur Avere Investama Teguh Hidayat mengungkapkan peralihan saham ini bakal berdampak positif pada kinerja Elnusa kedepannya.

"Ini membuka peluang menyediakan layanan jasa kontraktor ke unit-unit usaha PHE. Ada kesempatan ke situ, bisa bikin kinerja Elnusa lebih baik di masa mendatang," ujar Teguh kepada Kontan, Senin (6/9).

Teguh menjelaskan, saat ini PHE menjadi salah satu subholding dengan aset terbesar di Pertamina, terutama baru-baru ini Pertamina dipercaya mengelola Blok Rokan.

Baca Juga: Dirut Elnusa: Pengalihan saham 41,1% ke PHE memberi angin segera ke ELSA

 

Dengan aset hulu yang cukup besar, ini dinilai jadi peluang bagi Elnusa untuk meningkatkan kinerja. Selain itu, dengan peralihan saham ini maka ada proses bisnis yang bisa dipangkas. Teguh menilai, upaya memperoleh kontrak kini bisa langsung melalui PHE.

Teguh menambahkan, peralihan aset ini juga sekaligus untuk memperkuat portfolio PHE kendati penambahan itu tidak signifikan. Kendati demikian, dirinya menilai langkah ini bukan untuk mendorong pelaksanaan Initial Public Offering (IPO) PHE oleh Pertamina.

Selain besaran saham yang dialihkan, jumlah aset PHE yang dinilai sudah tergolong cukup besar hanya akan bertambah sedikit dengan masuknya ELSA sehingga dinilai tidak bakal banyak berdampak.

Selanjutnya: Sebanyak 41,1% saham Elnusa (ELSA) resmi dialihkan ke Pertamina Hulu Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×