kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45964,54   14,39   1.51%
  • EMAS989.000 9.409,62%
  • RD.SAHAM -1.34%
  • RD.CAMPURAN -0.36%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Angkasa Pura I Optimistis Trafik Pergerakan Penumpang dan Pesawat Terus Tumbuh


Kamis, 12 Mei 2022 / 12:15 WIB
Angkasa Pura I Optimistis Trafik Pergerakan Penumpang dan Pesawat Terus Tumbuh
ILUSTRASI. Angkasa Pura 1


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) menilai, industri penerbangan Indonesia sedang berada dalam jalur yang positif semenjak momen libur Lebaran yang lalu. AP I pun yakin dapat terus meningkatkan performanya di sisa tahun 2022.

Handy Heryudhitiawan, VP Corporate Secretary Angkasa Pura I menyampaikan, berdasarkan data trafik penumpang pada masa Angkutan Lebaran 2022, AP I mampu melayani hingga 2.485.107 penumpang dengan trafik penerbangan mencapai 21.441 pergerakan pesawat di 15 bandara yang dikelola perusahaan tersebut.

Capaian tersebut terhitung sejak tanggal 25 April 2022 sampai periode penutupan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 10 Mei 2022.

Asal tahu saja, pada Lebaran tahun 2021 lalu AP I hanya melayani pergerakan penumpang sebanyak 531.268 penumpang saja. Dengan demikian, terjadi lonjakan pertumbuhan pergerakan penumpang hingga 359%.

“Trafik penerbangan juga mengalami peningkatan hingga 200% jika dibandingkan pada trafik di tahun 2021 yang hanya melayani 7.158 pergerakan pesawat,” ungkap dia, Kamis (12/5).

Baca Juga: Kemenhub: Kendaraan Pribadi Mendominasi Pergerakan Mudik Lebaran 2022

AP I merasa bahwa terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia turut memberi dampak positif bagi perusahaan tersebut selaku pemain di industri penerbangan. Hal ini didukung pula oleh angka vaksinasi Covid-19 yang semakin membaik serta kemudahan syarat perjalanan udara bagi calon penumpang.

Handy mencatat, jumlah trafik penumpang AP I pada periode Januari – April 2022 telah mencapai 13,2 juta penumpang, atau tumbuh 48% (yoy) dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya sebanyak 8,9 juta penumpang.

“Walau begitu, dari jumlah aircraft, pertumbuhannya hanya sebesar 3% (yoy) di 15 bandara yang kami kelola,” imbuh dia.

AP I cukup yakin dapat meraih kinerja yang lebih baik pada sisa tahun ini seiring dengan terus meningkatnya pergerakan penumpang dan penerbangan di bandara-bandara yang dikelolanya. Adapun hingga akhir tahun ini AP I menargetkan jumlah pergerakan penumpang mencapai 38,8 juta.

Selain terbantu oleh musim lebaran kemarin, faktor yang dapat mendukung tercapainya target-target AP I antara lain keberadaan acara internasional seperti MotoGP 2022 di Mandalika dan KTT G20 di Bali. AP I juga terbantu oleh mulai dibukanya kembali penerbangan internasional di Surabaya, Bali, Yogyakarta, Makassar, Lombok, dan Manado sejak awal 2022.

Selain itu, enam bandara yang dikelola AP I juga akan mendukung proses penerbangan jamaah haji di tahun ini.

Lebih lanjut, API I berkomitmen untuk selalu mendengarkan, beradaptasi, dan memprioritaskan pelayanan kepada seluruh pengguna jasa dengan mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, kenyamanan, dan kesehatan penumpang.

Baca Juga: AP I Layani 2,48 Juta Penumpang dan 21.441 Pergerakan Pesawat di Periode Lebaran 2022

Saat ini sebanyak 10 bandara telah selesai dikembangkan oleh AP I yang sebelumnya sempat mengalami kondisi lack of capacity.

Bandara tersebut meliputi Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Terminal Baru Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Terminal I Bandara Juanda Surabaya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang.

“Kami yakin upaya-upaya ini berhasil membawa suatu pengalaman perjalanan baru dan meningkatkan kepuasan seluruh pengguna jasa yang melewati bandara-bandara yang kami kelola,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×