kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Antam perkenalkan proses kerja pertambangan ke siswa sekolah


Selasa, 20 Agustus 2019 / 23:28 WIB
Antam perkenalkan proses kerja pertambangan ke siswa sekolah
ILUSTRASI. Aneka Tambang ANTM

Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) memperkenalkan proses kegiatan kerja di areal tambang kepada sejumlah siswa sekolah menengah atas (SMA) di Bangka Belitung (Babel).

Total ada 23 siswa yang diajak berkeliling melihat dari dekat aktivitas penambangan di Antam. Mereka diajak ke bukit everest yang merupakan lahan penggalian mineral di areal tambang Antam.

"Posisi endapan mineral berada di areal limbah dan membentuk sebuah cekungan, jadi penggaliannya diikuti endapan mineralnya, maka kita tambang hanya mengelilinginya," kata Staff Mining PT Antam Tbk, Charles kepada peserta di Pomala, Kolaka, Selasa(20/8).

Baca Juga: Saham Antam (ANTM) Memuncaki Daftar Top Losers Usai Mencetak Rekor Tertinggi

Charles juga memperkenalkaan jenis-jenis yang ada di dalam mineral serta diperkenalkan alat operasional tambang kepada para peserta asal Babel itu, seperti BC, dump truck, ekskavator, buldoser, robreker atau pemecah batu, dan woter tank atau penyiram debu.

Selanjutnya para peserta diarahkan menuju areal peleburan nikel yaitu Rotary Kiln Smelting 3. Di tempat tersebut para peserta melihat langsung proses peleburan nikel.

Selanjutnya areal PLTU Pomala 2x30 serta kunjungan yang terakhir yaitu para peserta dibawa ke gudang produk feronikel.

Vice President Feni Plant, Hamzah Kurniadi mengatakan, para peserta SMN selain mengenal wilayah geografis dan budaya mereka juga diperkenalkan operasional BUMN seperti PT Antam Tbk.

Baca Juga: Harga emas spot bertahan pada US$ 1.496 menjelang siang ini

"Mereka diperkenalkan proses pengolahan biji nikel menjadi veronikel dari tahapan penambangan, pengangkutan, hingga pengolahan, kemudian kami memperlihatkan produk feronikel dimana awalnya berupa OR berupa tanah menjadi komoditas ekspor PT Antam," jelasnya.

Salah seorang peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019, Hazipah Attirmidzi asal sekolah SMAN 1 Paritiga Provinsi Bangka Belitung mengatakan, dirinya sangat bahagia karena dapat melihat langsung proses pertambangan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

Tag

TERBARU

[X]
×