kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,49   7,04   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Antam resmi kuasai 100% saham Indonesia Chemical Alumina


Jumat, 28 Desember 2018 / 17:11 WIB
Antam resmi kuasai 100% saham Indonesia Chemical Alumina


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) pada hari ini mengumumkan penandatanganan akta jual beli saham PT Indonesia Chemical Alumina (ICA). Hal ini sebagai proses final pembelian seluruh saham Showa Denko K.K (SDK) di ICA.

Dengan penandatanganan ini maka ANTM secara resmi menguasai keseluruhan 100% saham ICA, sebelumnya SDK menguasai 20% saham. Dengan penandatanganan ini ANTM dan SDK telah menyelesaikan kewajiban-kewajiban sebagai pemegang saham sesuai dengan Condotional Share Purchase Agreement (CSPA) yang ditandatangani pada 29 Mei 2018 lalu.

Dimas Wikan Pramudhito, Direktur Keuangan ANTM menyampaikan bahwa perusahaan bangga bisa menyelesaikan seluruh rangkaian proses pembelian seluruh saham ICA yang merupakan bagian dari proses negosiasi dan evaluasi secara menyeluruh yang dilakukan antata ANTM dan SDK terkait dengan restrukturisasi kerjasama patungan di ICA. “Penandatanganan SPA ini merupakan refleksi atas komitmen perusahaan dalam rangka memperkuat portofolio produk hilir Antam yakni alumina.

Dengan kepemilikan 100% atas ICA, Antam berkomitmen terhadap optimalisasi pabrik chemical grade alumina (CGA) dalam rangka menghasilkan produk yang berkualitas,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (28/12)

Dalam pokok-pokok kesepakatan CSPA sebelumnya tercakup pembayaran kewajiban kepada kreditur, kewajiban pajak, pengelolaan lingkungan, perbaikan pabrik, termasuk pemberian paten milik SDK kepada ICA untuk proses produksi dan produk yang telah terdaftar di 36 negara.

Transaksi jual beli saham SDK di ICA kepada ANTM dilakukan dengan nilai pembelian yang telah disepakatai dalam perjanjian yakn sebesar US$ 1 per saham. Saat ini ICA memiliki Pabrik CGA Tayan berbasis Proses Bayer untuk komponen elektronik. Penjualan produk CGA miliknya saat ini menyasar Jepang, Korea Selatan dan Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×