kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Bakal Ada Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran 2023?


Sabtu, 18 Maret 2023 / 04:14 WIB
Apakah Bakal Ada Diskon Tarif Tol saat Mudik Lebaran 2023?


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, selama masa mudik lebaran, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memberikan diskon tarif tol. Namun diskon tarif tol yang diberikan rutin sejak 2015 ini terakhir diberlakukan pada 2019. 

Saat 2019 seluruh BUJT yang berada di bawah naungan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) telah menyepakati pemberlakuan potongan harga atau diskon tarif tol sebesar 15%. 

Dikutip dari laman BPJT, diskon tarif tol ini diberikan untuk mendukung kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran 2019 pada seluruh ruas jalan tol di Indonesia. 

Selain itu, diskon tarif tol diberikan kepada masyarakat sebagai upaya pelayanan maksimal dalam mempercepat waktu perjalanan yang lancar tanpa adanya antrian pembayaran dengan tarif yang cukup murah. 

Namun, diskon tarif tol ini tidak diberikan saat puncak arus mudik dan arus balik karena diharapkan pemudik dapat melakukan perjalanan di hari lainnya untuk mengurangi kemacetan di waktu puncak. 

Baca Juga: Jasa Marga (JSMR) Raih Penghargaan Terbaik I di Ajang Anugerah BUMN Ke-12 2023

Setelah itu, pada 2020 dan 2021 pemerintah melarang pelaksanaan mudik Lebaran karena pandemi Covid-19 sehingga diskon tarif tol ini tidak diberikan. 

Begitupun dengan 2022, diskon tarif tol selama mudik Lebaran ini tidak diberikan. Sebagai gantinya, Kemenhub mewajibkan BUJT untuk menggratiskan tarif tol kepada pemudik jika terjadi antrean hingga 1 kilometer di pintu tol selama masa mudik. 

Hal ini agar para BUJT tetap menjaga performanya dan melayani masyarakat dengan maksimal selama pelaksanaan mudik Lebaran 2022. 

Baca Juga: Mulai 19 Maret 2023, Tarif Jalan Tol Kunciran - Serpong Naik

Sementara itu, pada libur Natal dan tahun baru kemarin, PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol memberikan diskon tarif tol sebesar 50% untuk konsesi ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung). 

Adapun diskon tarif tol itu berlaku untuk semua golongan kendaraan selama 24 Desember 2022 hingga Januari 2023. 

Lalu, apakah tahun ini diskon tarif tol untuk mudik Lebaran akan kembali diberlakukan? 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, hingga kini pihaknya belum ada pembicaraan terkait diskon tarif tol dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun BUJT. 

"Belum (ada pembicaraan soal diskon tarif tol)," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (17/3/2023). 

Saat ini dia masih menunggu kebijakan dari masing-masing BUJT dalam penerapan diskon tarif tol untuk mudik Lebaran 2023. 

"Kita lihat ya, karena BUJT belum semuanya recovered secara finansial dari dampak Covid-19," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Mudik Lebaran 2023, Belum Ada Pembahasan soal Diskon Tarif Tol"
Penulis : Isna Rifka Sri Rahayu
Editor : Yoga Sukmana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×