Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,14%
  • EMAS656.000 -0,46%

Aplikasi Sipindo sajikan informasi cuaca dan pemupukan detail ke petani

Jumat, 12 Oktober 2018 / 14:48 WIB

Aplikasi Sipindo sajikan informasi cuaca dan pemupukan detail ke petani
ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT East West Seed Indonesia (Ewindo) bersama mitra dalam konsorsium G4AWSMARTseeds meluncurkan penambahan fitur terbaru pada aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (Sipindo). Penambahan fitur ini untuk mendukung sektor pertanian di Indonesia.

Sejumlah fitur baru yang ditambahkan seperti prediksi cuaca dengan resolusi spasial hingga 5 kilometer (km), rekomendasi kandungan hara tanah berdasarkan hasil tes laboratorium, dan rekomendasi pemupukan. Dalam aplikasi ini, informasi yang diberikan berbasis lokasi sesuai dimana lahan petani berada.

Managing Director PT East West Seed Indonesia Glenn Pardede mengatakan, peluncuran penambahan aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini diharapkan mampu membantu petani memprediksi cuasa secara detail di derah mereka. "Peluncuran aplikasi ini sekaligus menjadi wujud semboyan kami yakni menjadi sahabat yang paling baik untuk petani,"ujarnya saat peluncuran Sipindo Powered by Smartseed di Jakarta, Jumat (12/10).

Aplikasi berbasis android ini merupakan salah satu upaya perusahaan yang dikenal dengan nama Cap Panah Merah ini memanfaatkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan petani sayuran di Indonesia. Sejak diluncurkan tahun 2017, aplikasi ini telah dimanfaatkan lebih dari 14.000 petani yang mengaksesnya secara gratis. Ewindo menargetkan pada tahun 2019, jumlah petani yang dapat mengakses dan memanfaatkan aplikasi ini bisa mencapai 100.000 petani.

Selain itu, lewat aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds, petani bisa memperoleh informasi seputar tata cara penanganan hama dan penyakit tanaman, pola dan musim tanam, estimasi waktu panen dan perkiraan jumlah produksi, perkiraan iklim dan cuaca, hingga forum jual beli hasil panen dari pedagang pasar tradisional, serta ritel modern untuk mengantisipasi permainan harga oleh para tengkulak.

Aplikasi Sipindo Powered by SMARTseeds ini juga bermanfaat buat penyuluh pertanian dan pedagang. Keuntungan bagi mitra penyuluh adalah mendapatkan informasi yang dibutuhkan petani sehingga dapat meminimalisir kesalahan dalam menganalisa suatu masalah yang dihadapi, kemudian segera memberikan solusi serta penyuluhan dengan cepat dan tepat kepada masing-masing petani. Sementara, pedagang bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencari dan membeli produk-produk pertanian sesuai kebutuhan mereka dari petani langsung.

Kees de Ruiter, Regional Manager dari ICCO Cooperation Asia Tenggara yang merupakan project leader dari konsorsium SMARTseeds menambahkan, melalui konsorsium kemitraan ini, pihaknya berupaya menyediakan layanan informasi pertanian berbasis data yang akurat dan sesuai dengan lokasi lahan petani.

"Ini adalah pencapaian baru dan kontribusi kami dalam pengembangan Sipindo melalui fitur Sipindo Powered by Smartseeds, kami berharap layanan informasi pertanian ini menjadi dukungan yang bernilai bagi petani hortikultura Indonesia sehingga mereka mampu meningkatkan produksi secara lebih efektif sekaligus lebih efisien dalam merespon tantangan baru seperti perubahan iklim,ā€¯katanya.

Reporter: Noverius Laoli
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0560 || diagnostic_web = 0.3373

Close [X]
×