kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

APM Mobil prediksi penjualan LCGC tahun ini relatif stagnan


Minggu, 17 Februari 2019 / 17:17 WIB
APM Mobil prediksi penjualan LCGC tahun ini relatif stagnan


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Agen Pemegang Merek (APM) mobil belum melihat tren kenaikan pada permintaan mobil Low Cost Green Car (LCGC).  Karena itu pangsa pasar mobil in masih relatif stagnan tahun ini. Meski demikian, para pelaku usaha otomotif tersebut masih berusaha menggenjot penjualan di segmen ini.

Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengungkapkan, belum ada pertumbuhan yang terlalu signifikan. "Menurut kami di segmen LCGC hampir sama kondisinya dengan tahun lalu, relatif sama," ujarnya kepada Kontan.co.id, Minggu (17/2).

Sedangkan terkait harga, SIS mengatakan, biasanya penyesuaian atau kenaikan harga produk dilakukan akan tetapi masih dalam koridor batas atas yang sudah ditetapkan dalam program tersebut.

Adapun SIS saat ini, kata Donny, berfokus pada produk yang perusahaan produksi di indonesia guna mengurangi beberapa resiko berkaitan dengan nilai tukar dan variabel yang lainnya.

Mengintip data Gaikindo, penjualan dari pabrikan ke diler (wholesales) Suzuki pada 2018 mencapai 118.014 unit atau naik 5,7% dari periode tahun 2017 sebesar 111.660 unit. Sedangkan untuk penjualan dari diler ke konsumen (retail sales) pada 2018 mencapai 116.688 unit. Atau naik 8,9% dari periode 2017 sebesar 107.185 unit.

Sementara itu, PT Honda Prospect Motor (HPM) berharap setelah adanya peluncuran LCGC baru miliknya All New Honda Brio di tahun lalu bakal ada penyegaran kembali di market. Meski demikian, Jonfis Fandy Marketing & After Sales Service Director Honda Prospect Motor tak terlalu berharap muluk-muluk.

"Kami berharap bisa maintain pace yag sama saja dengan tahun lalu," sebutnya kepada Kontan.co.id, Minggu (17/2). Adapun soal penyesuaian harga, perusahaan belum dapat membeberkan lebih lanjut.

Dari data terakhir yang terpublikasikan, setelah memulai pengiriman perdananya pada tanggal 13 Oktober 2018 kemarin All New Honda Brio meraih penjualan sebanyak 6.703 unit sepanjang bulan Oktober lalu.

Angka penjualan tersebut sekaligus menyumbang 43% dari total penjualan mobil Honda di bulan Oktober.

Dari total penjualan All New Honda Brio di bulan Oktober lalu, sebanyak 5.411 unit berasal dari varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Honda di segmen LCGC. Sementara itu, sebanyak 1.292 unit unit berasal dari All New Honda Brio RS yang berada di segmen City Car.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×