kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Archi Indonesia (ARCI) Perkuat Teknik Pertambangan Baik di Tambang Emas


Jumat, 30 September 2022 / 12:55 WIB
Archi Indonesia (ARCI) Perkuat Teknik Pertambangan Baik di Tambang Emas
ILUSTRASI. Tambang Archi Indonesia (ARCI)


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Archi Indonesia Tbk (ARCI) perusahaan pure-play emas terus memperkuat teknik pertambangan yang baik di tambang emas Toka Tindung.

Dua anak perusahaan ARCI yakni PT Meares Soputan Mining dan PT Tambang Tondano Nusajaya meraih berbagai penghargaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

PT Meares Soputan Mining kembali meraih penghargaan tertinggi Aditama dalam Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan. Penghargaan tersebut diumumkan pada ajang Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik (Good Mining Practices Award/GMP) tahun 2022, pada Kamis (29/09), di hotel Bidakara, Jakarta.

Dalam ajang ini, Meares Soputan Mining dan Tambang Tondano Nusajaya, meraih penghargaan pada tiga aspek untuk pemegang Kontrak Karya (KK) yaitu, Aspek Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan, Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan dan Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan.  

Untuk Aspek Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan, kedua anak usaha ARCI meraih penghargaan Pratama (Perunggu), untuk Aspek Pengelolaan Keselamatan Pertambangan. Tambang Tondano Nusajaya mendapatkan penghargaan Utama (Silver) sedangkan Meares Soputan Mining meraih penghargaan Aditama (Emas).

Baca Juga: Archi Indonesia (ARCI) Optimistis Kinerja Membaik sampai Tutup Tahun 2022

Sementara untuk Aspek Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan, Meares Soputan Mining dan Tambang Tondano Nusajaya sama-sama meraih penghargaan Utama (Silver).

Direktur Teknik Dan Lingkungan Mineral Dan Batubara Direktorat Jenderal Mineral Batubara, Sunindyo Suryo Herdadi menyatakan Good Mining Practices Award ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun.

"Penghargaan ini merupakan kegiatan penilaian terhadap kinerja dan keberhasilan dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik pada kegiatan usaha pertambangan minerba. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan apresiasi dan juga motivasi kepada seluruh perusahaan pertambangan pemegang KK, PKP2B, UP dan UPK maupun IUJP agar bisa berlomba-lomba untuk berprestasi dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik,"ujar Sunindyo dalam keterangan resmi, Jumat (30/9).

Sunindyo berharap seluruh pelaku usaha kegiatan pertambangan tetap melaksanakan operasional pertambangan sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan kaidah teknik pertambangan minerba yang baik serta menjadi tolak ukur bagi pemerintah atas keberhasilan pembinaan pengawasan aspek teknis dan lingkungan terhadap kegiatan usaha pertambangan.

Direktur Utama PT Meares Soputan Mining dan PT Tambang Tondano Nusajaya meraih, David Sompie menyatakan rasa bangga dan ucapan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan Kementerian ESDM.

Baca Juga: Archi Indonesia (ARCI) Optimis Pit Araren Pulih

“Penghargaan yang diperoleh ini, merupakan kerja keras seluruh karyawan dan diharapkan dapat mempertahankan bahkan lebih meningkatkan penerapan good mining practice dalam operasional kedua perusahaan ini,” ujarnya.

Sekretaris Perusahaan Archi Indonesia, Harry Margatan Sopandi menambahkan penghargaan ini menjadi bukti komitmen dari Archi dalam menerapkan kaidah teknik pertambangan yang baik di Tambang Emas Toka Tindung.

“Penghargaan yang diraih dua anak perusahaan senada dengan komitmen Archi untuk selalu menjunjung tinggi praktek Tata Kelola Perusahaan (GCG) serta mengimplementasikan standar kebijakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHS),” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×