kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Asisten Google dalam Bahasa Indonesia resmi dirilis, seperti apa?


Senin, 02 April 2018 / 12:17 WIB
Asisten Google dalam Bahasa Indonesia resmi dirilis, seperti apa?
ILUSTRASI. Logo Google di Jakarta


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google meluncurkan Asisten Google dalam Bahasa Indonesia. Yang perlu dicatat, aplikasi ini hanya bisa digunakan pada smartphone yang menggunakan Android 5.0+ (Lollipop ke atas) dan iPhone (iOS 9.1 ke atas).

Melalui Asisten Google, pengguna bisa berbicara dengan Google untuk membantu melakukan banyak hal seperti mengirim SMS, menyetel pengingat, meminta petunjuk arah, menyetel alarm untuk esok hari dan masih banyak lagi. Untuk mencobanya, cukup tekan dan tahan tombol Home atau ucapkan “Ok Google” di smartphone yang mendukung fitur ini.

“Asisten Google dalam Bahasa Indonesia pertama kali diluncurkan di Allo pada bulan Agustus 2017 lalu. Kini, dengan hadirnya Asisten Google di jutaan smartphone di Indonesia, kami berharap Asisten Google akan memudahkan aktivitas para pengguna,” ujar Veronica Utami, Head of Marketing dari Google Indonesia dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (2/4).

Veronica melanjutkan, Asisten Google diberdayakan oleh machine learning dan dibuat berdasarkan natural language understanding, computer vision dan memahami konteks dari pengguna. Itulah sebabnya Asisten Google dapat memahami maksud ucapan pengguna untuk membalas pertanyaan lanjutan dan mengerjakan tugas kompleks yang terdiri dari sejumlah langkah.

Asisten Google adalah teman yang bisa berbahasa Indonesia dan mengerti hal-hal apa saja yang penting buat orang Indonesia. Mulai dari mencari resep nasi goreng, sampai membantu menerjemahkan kalimat ke bahasa Jawa atau menghibur kita dengan cerita lucu.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang bisa pengguna tanyakan ke Asisten Google:

- Sebutkan Pancasila
- Pasang alarm jam 6 pagi
- Kasih lelucon
- Cari restoran Indonesia dekat sini
- Ingetin aku beli jeruk nanti jam 6 sore
- Bagaimana suara harimau?
- Telepon ibu
- Lihat resep nasi goreng
- Berapa lama perjalanan ke Sentral Senayan?
- Ada apa hari ini?
- Putar musik Jazz di YouTube
- Nyalakan wifi
- Bacakan horoskop saya hari ini
- (bisa digunakan dalam waktu dekat) “Dengarkan berita dari Kompas TV, Mahaka Radio Integra, 104.6 MNC TRIJAYA FM, Opini.id atau Sonora.”

Selain itu, untuk membuat Asisten Google jadi lebih berguna bagi pengguna di Indonesia, para developer dan perusahaan sekarang bisa membuat aplikasi melalui platform developer Actions on Google. Beberapa aplikasi sudah dibuat untuk Asisten Google dan, untuk mengakses layanan tersebut, pengguna hanya perlu mengucapkan “Ok Google", bicara dengan (nama aplikasi di bawah):

Al-Qolam
Joox
KASKUS
Klikdokter
Mobile Legends
Tebak Gambar
VIRA dari Bank BCA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×