kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

ATPM Targetkan Penjualan Tinggi

Selasa, 22 Juni 2010 / 19:02 WIB

ATPM Targetkan Penjualan Tinggi



JAKARTA. Meski Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bersikeras ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2010 bukanlah untuk hard selling melainkan unjuk teknologi, namun sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) tetap menaruh harapan besar penjualannya bakal terdongkrak oleh even tahunan ini.

Astrid Ariani Wijaya, Brand Communication Manager, PT Mazda Motor Indonesia (PT MMI) berpendapat penjualan saat IIMS bisa memberikan kontribusi mencapai 50% dari rata-rata pesanan mobil per bulan. "Makanya kami akan bawa setidaknya 11 unit model mobil yang saat ini beredar di pasaran Indonesia," kata Astrid.

Bahkan menurut Marketing Director Ford Motor Indonesia (FMI) Davy Tuilan, penjualan saat IIMS bisa mencerminkan market share penjualan mobil di Jabodetabek. Ia berkeyakinan, sebagian besar pengunjung even yang akan berlangsung pada 23 Juli hingga 1 Agustus 2010 di arena Jakarta International Expo Kemayoran ini, adalah masyarakat yang berada di sekitar Jabodetabek.

"Lihat saja, penjualan di sejumlah dealer di Jabodetabek biasanya seret saat jelang IIMS karena konsumen cenderung menunggu IIMS," kata Davy. Menurut Davy, banyaknya keuntungan dan bonus-bonus yang ditawarkan ATPM saat penjualan di IIMS serta berbagai model baru yang diusung ATPM selama pameran membuat konsumen pun menahan pembeliannya hingga kegiatan dimulai.

Davy memperkirakan penjualan Ford selama IIMS 2010 bisa mencapai 400 unit atau menyumbang kontribusi sekitar 5% dari total target penjualan Ford tahun ini yang dipatok sekitar 8.000 unit.

Wajar jika sebagian besar ATPM cenderung menampilkan mobil-mobilnya yang sudah beredar di pasaran untuk dipajang di stand-nya saat IIMS berlangsung. "Sama seperti tren di pasar, prediksi kami penjualan terbesar tetap akan berasal dari kategori low MPV segmen, ditambah beberapa varian sedan premium," kata Ketua Umum Gaikindo, Sudirman MR.

Sebulan sebelum acara pun, bukan hanya Dyandra Production yang sibuk mempersiapkan kegiatan, sejumlah ATPM pun nampak agresif dalam mengagendakan kegiatan preview mobil baru, baik sebelum IIMS maupun saat IIMS berlangsung.

Sebut saja, Ford yang menggelar preview bagi media untuk memperkenalkan andalan terbarunya hatchback Ford Fiesta Rabu lalu (16/6). Di hari yang sama Mercedez Benz juga mengadakan preview produk terbarunya sedan sport SLS AMG yang bakal dipasarkan di harga Rp 4,7 miliar. Chevrolet juga bersiap melaunching Chevrolet Spark.

Sudirman mengatakan pihaknya menargetkan penjualan mobil selama pameran berlangsung bisa mencapai angka total Rp 2 triliun. "Hingga kini sudah ada 18 merek mobil dan 4 merek truk yang memastikan ikut IIMS," ujarnya.

Sesuai dengan tema IIMS ke 18 tahun ini, yakni Eco Technology Motoring, Sudirman pun optimis sebagian besar ATPM peserta IIMS akan mendatangkan berbagai mobil-mobil konsep ramah lingkungan. "Meski belum diproduksi masal, namun langkah tersebut merupakan wujud nyata transformasi industri mobil menuju konsep eco-green," katanya.

Sejumlah ATPM memang nampak antusias dalam mendatangkan mobil-mobil berkonsep eco. Daihatsu misalnya. ATPM ini berjanji akan mengusung mobil konsep e.S berkapasitas mesin 600 cc yang diklaim mampu menempuh jarak 30 km dengan 1 liter bensin saja. ATPM yang lain seperti Daihatsu, Suzuki, Toyota, dan Mitsubishi. juga berjanji akan memboyong mobil-mobil eco mereka ke IIMS 2010.


IIMS 2010

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0620 || diagnostic_web = 0.3709

Close [X]
×