Sumber: Kompas.com | Editor: Azis Husaini
KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Penjualan mobil di segmen Low MPV jadi yang paling banyak di Indonesia. Segmen ini menarik diamati lantaran ada tujuh pabrikan yang memiliki produk andalan di kelas MPV dengan kapasitas mesin maksimal 1.500 cc.
Dilansir dari data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), sepanjang Januari sampai September 2019, Toyota Avanza menjadi mobil yang memuncaki daftar perolehan di segmen Low MPV.
Baca Juga: Honda Jepang investasi Rp 5,1 triliun di Indonesia, untuk apa saja?
Avanza meraih total 61.087 unit, berselisih 12.892 dengan Mitsubishi Xpander yang menempati urutan kedua. Low MPV dari Mitsubishi itu mendapat 48.195 unit pada periode yang sama.
Angka distribusi dari pabrik ke dealer milik Avanza masih bisa meningkat jika kita tambahkan dengan All New Avanza. Model dengan nomor identifikasi kendaraan tahun 2018 itu tercatat masih terjual sebanyak 63 unit dari Januari-September 2019.
Sementara model Transmover yang masuk di segmen komersial meraih 3.996 unit. Artinya seluruh model Avanza pada periode tersebut berhasil meraih angka 65.146 unit.
Sedangkan Nissan Livina yang baru efektif terjual pada Maret 2019, melanjutkan Grand Livina (model sebelumnya), performanya makin membaik jelang akhir tahun.
Baca Juga: Penjualan retail Daihatsu bulan Oktober meningkat, Sigra jadi penyokongnya
Kembaran Xpander ini tercatat meraih 7.776 unit, atau unggul 2.428 unit dari Wuling Confero yang mendapat urutan terbawah di persaingan Low MPV.
Berikut data penjualan Low MPV berdasarkan wholesales Gaikindo periode Januari-September 2019: