kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.013,51   -2,48   -0.24%
  • EMAS932.000 0,22%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bangun Pabrik Baru, Kapasitas Produksi OPPO Bakal Meningkat


Jumat, 19 Agustus 2022 / 14:19 WIB
Bangun Pabrik Baru, Kapasitas Produksi OPPO Bakal Meningkat
ILUSTRASI. OPPO tengah mengatur kepindahan pabrik menuju lokasi baru di Bayur, Tangerang. REUTERS/Beawiharta


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pabrik OPPO Indonesia mampu merakit sekitar 1 juta unit smartphone (ponsel pintar) per bulan. Kapasitas produksi tersebut diproyeksikan bakal meningkat seiring pembangunan pabrik baru.

"Kapasitas produksi kami sekitar 1 juta unit per bulan. Produksi tersebut untuk seluruh lini dari A series sampai Find Series," kata Aryo Meidianto Aji, PR Manager OPPO Indonesia kepada Kontan, Kamis (18/8).

Aryo mengatakan, OPPO sebelumnya memiliki pabrik yang berlokasi di Mauk, Tangerang. Di pabrik seluas 2,7 Hektare (ha) tersebut, kapasitas produksi OPPO mencapai 1 juta unit per bulan. Namun seiring permintaan smartphone yang meningkat, perusahaan menilai pabrik tersebut belum bisa memenuhi kebutuhan permintaan atas produk OPPO.

Baca Juga: Produk Baru Terlaris, Intip Spesifikasi dan Harga HP OPPO A57 RAM 4 GB di Indonesia

Sehingga diperlukan adanya ekspansi usaha dengan mendirikan pabrik yang lebih luas dan terintegrasi. Oleh karenanya, OPPO tengah mengatur kepindahan pabrik menuju lokasi baru di Bayur, Tangerang. Tidak hanya lebih luas namun integrasi bangunan lebih baik di pabrik baru. Serta, ruang sparepart, ruang gudang, semuanya terintegrasi sehingga memudahkan untuk produksi dan distribusi. 

"Pemindahan pabrik memang melihat kapasitas sebelumnya yang cukup dapat dibilang terlalu kecil dan membuat para pekerja kami mungkin merasa kurang nyaman," ujar Aryo.

Aryo menjelaskan, kenaikan permintaan juga menjadi salah satu alasan untuk memindahkan produksi, walau masih dapat dikatakan sebagai prediksi. OPPO memprediksikan akan ada kenaikan permintaan perangkat, terutama yang bersifat situasional seperti awal tahun, lebaran dan juga akhir tahun.

Hanya saja, OPPO Indonesia menyatakan belum bisa mengumumkan detail pabrik baru tersebut dan kapan realisasi pembangunan pabrik rampung sepenuhnya. Yang jelas, untuk seluruh lini produksi sudah pindah ke Bayur dari beberapa bulan yang lalu. Namun sejumlah pembangunan masih berjalan.

Sementara ini, Aryo bilang, kapasitas produksi dapat dibilang masih sama. Namun, ke depannya akan ada pengembangan lainnya yang belum bisa dibeberkan saat ini. Hal ini guna menjawab pemenuhan permintaan dalam negeri.

Baca Juga: Oppo Siapkan Dua Ponsel Lipat Anyar. Simak Speknya di Sini!

Selain itu, pemindahan pabrik baru OPPO ini menyusul investasi yang ditanamkan oleh pabrikan ponsel asal Tiongkok tersebut untuk berekspansi di Indonesia. Melanjutkan ekspansi pabrik OPPO di Mauk yang diketahui beroperasi mulai 2015, sekitar dua tahun setelah merek tersebut resmi masuk ke Tanah Air.

"Investasi pasti ada, apalagi memang kondisi pabrik baru jauh lebih besar dan lebih luas dari pabrik sebelumnya, sangat terbuka kemungkinan untuk mengembangkan produk ke depannya," tandas Aryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×