kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45976,43   4,23   0.43%
  • EMAS915.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.19%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Bangun tiga data center di Indonesia, ini strategi Alibaba Cloud


Selasa, 21 September 2021 / 18:11 WIB
Bangun tiga data center di Indonesia, ini strategi Alibaba Cloud
ILUSTRASI. Alibaba Cloud . KONTAN/Baihaki

Reporter: Ramadhan Sultan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai penyedia layanan cloud global yang membangun data center di Indonesia, Alibaba Cloud memiliki tiga data center di Indonesia untuk menyediakan infrastruktur cloud yang terpercaya, aman dan berkinerja tinggi.

Perlu diketahui, Alibaba cloud meluncurkan data center pertama di Indonesia tahun 2018, data center kedua pada Januari tahun 2019 dan data center ketiga pada pada Juni 2021 serta melalukan investasi dengan meluncurkan data scrubbing center pertama pada Maret 2021.

Dengan tiga pusat data center di Indonesia, Alibaba Cloud memiliki layanan menyediakan rangkaian produk dan layanan cloud yang komprehensif mulai dari database, keamanan, jaringan hingga pembelajaran mesin maupun analitik data.

General Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence, Leon Chen mengatakan, dengan tiga pusat data center Alibaba di Indonesia bertujuan untuk terus memperluas produk unggulan dan layanan inovatif guna memenuhi beragam permintaan dari pelanggan Alibaba di berbagai sektor, termasuk e-commerce, keuangan, media online, pendidikan  dan game.

“Melalui layanan cloud kami yang tepercaya, aman dan tangguh, kami dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan yang mencari infrastruktur cloud yang tangguh untuk mengatasi lonjakan permintaan di tengah pergeseran digital yang efektif,” kata Leon kepada Kontan.co.id, Selasa (21/9).

Baca Juga: Solusi Transformasi Digital Alibaba Cloud Topang Sektor Industri Ritel Indonesia

Leon mengatakan, Alibaba membangun data center di Indonesia melakukan beberapa strategi dalam menjalankan bisnisnya yakni pertama, sebagai lini bisnis teknologi Alibaba Group menghadirkan Alibaba Cloud di Indonesia dengan teknologi yang terpercaya, aman dan berkinerja tinggi untuk mencapai seluruh pasar Indonesia.

Kedua, Alibaba Cloud telah melayani pasar Indonesia selama lebih dari empat tahun dengan menghadirkan tiga data center dengan menawarkan rangkaian produk dan layanan yang menjawab tantangan bisnis. Ketiga, memiliki tim lokal melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk semakin memahami guna memenuhi kebutuhan dan berkolaborasi menciptakan solusi sesuai dengan case study setiap pelanggan.

Keempat, melakukan membangun ekosistem yang kuat dengan lebih dari 100 mitra lokal dan telah menawarkan solusi yang relevan dengan kebutuhan pasar Indonesia untuk melayani kebutuhan transformasi digital bagi perusahaan dengan rangkaian teknologi maupun domain yang canggih.

Kelima, Alibaba terus berkomitmen untuk memberdayakan talenta digital di Indonesia dan berharap dapat bertumbuh bersama dengan pelanggan serta mitra Alibaba menjadi partner terpercaya dalam melakukan transformasi digital.

Lebih lanjut Leon bilang meningkatnya pelanggan Alibaba untuk produksi dan solusi cloud guna mempercepat proses transformasi digital sehingga hasilnya Alibaba Cloud telah mencapai pertumbuhan tiga digit dari bisnis ini secara berturut-turut di Indonesia.

“Kami telah mendukung ribuan pelanggan di semua sektor di negara Indonesia, terutama di bidang E-commerce, keuangan, game, media, dan pendidikan. Semakin banyak perusahaan termasuk yang konvensional seperti Adira Finance, JNE, MNC Group dan jajaran startup yang sedang berkembang seperti Kopi Kenangan, Akulaku, Investree telah mengadopsi cloud,” pungkas Leon.

Selanjutnya: Tingkatkan keamanan, Alibaba Cloud bentuk kemitraan dengan LGMS

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×