kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banjir mulai ganggu kawasan industri di Jakarta


Selasa, 10 Februari 2015 / 08:23 WIB
Banjir mulai ganggu kawasan industri di Jakarta
Petugas melayani pensiunan yang bertanya mengenai penggunaan aplikasi TASPEN Otentikasi di Unit Layanan KCU Jakarta, Senin (16/1/2023). Berhasil Cetak Imbal Hasil Investasi, Intip Strategi Investasi Taspen.


Sumber: Warta Kota | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta memperkirakan ratusan industri skala besar, menengah dan kecil di sejumlah kawasan industri terganggu operasionalnya akibat banjir, Senin (9/2).

Ketua Apindo DKI Jakarta, Prayitno menyatakan belum bisa menghitung angka kerugian yang ditimbulkan banjir di sejumlah kawasan industri itu. Namun yang jelas banjir sudah mengganggu proses produksi sejumlah industri.

"Kami sedang pantau terus, di beberapa kawasan industri seperti di Pulogadung, lumayan kena. Kalau yang sekitar Cimanggis arah Jalan Raya Bogor belum ada laporan," kata Ketua Apindo DKI Jakarta, Prayitno kepada Wartakotalive.com.

Beberapa lokasi kawasan industri lainnya yang terganggu akibat banjir, sebut Prayitno, diantaranya di wilayah Galur, Duri Kepa, Kamal, KBN (Kawasan Berikat Nusantara-red) hingga kawasan Marunda.

Prayitno menyatakan bahwa bagi beberapa perusahaan, banjir kali ini belum sampai tahap darurat, namun sudah sampai tahap waspada. Diakuinya banjir saat ini telah membuat siklus kerja sudah tidak normal.

"Misalnya pekerja back office, itu mereka masuk kerjanya jadi setengah hari, selepas pukul 13.00 sudah pulang. Sebagian lainnya, seperti bagian marketing, melanjutkan kerja by online," imbuhnya.

Prayitno mengatakan, Apindo DKI Jakarta sudah mengimbau anggotanya bahwa hal yang penting untuk diselamatkan di kawasan industri yang tergenang banjir itu yang pertama adalah manusianya terlebih dulu, baru kemudian aspek produksi.

"Selamatkan dulu manusianya, baru aspek produksinya, mesin jangan sampai kerendem, bahan baku jangan sampai rusak," tuturnya.

Menurut Prayitno, sektor usaha yang paling terpukul akibat banjir kali ini adalah Usaha Kecil Menengah (UKM) karena umumnya berhenti produksi akibat aliran listrik di beberapa wilayah mati. Selain itu juga banyak karyawan yang absen.

"UKM ini kan labour intensif, kalau karyawan telat masuk bisa terganggu proses produksinya. Rata-rata akhirnya diliburkan sehari," tuturnya. (Ichwan Chasani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×