kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Baramulti (BSSR) Fokus Garap CSR Untuk Akselersi Ekonomi Masyarakat Sekitar


Kamis, 04 Mei 2023 / 07:36 WIB
Baramulti (BSSR) Fokus Garap CSR Untuk Akselersi Ekonomi Masyarakat Sekitar
ILUSTRASI. Pertambangan batubara PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR). Foto Dok bssr.co.id


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keseriusan PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR) dalam mengelola program corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat membuahkan hasil.

Selain masyarakat menerima manfaat langsung dari program-program tersebut, Pemerintah pun mengganjar BSSR sejumlah penghargaan, di antaranya, yang paling prestisius adalah penganugerahan Subroto 2022.

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada para stakeholder yang memiliki prestasi luar biasa, khususnya dalam memajukan sektor ESDM.

Dimana program yang diusulkan dalam penganugerahan subroto award 2022 ini, melalui program instalasi pengolahan air pamsimas karya makmur yang ada di Desa Batuah, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Penghargaan Subroto itu merupakan wujud apresiasi dari pemerintah atas program yang telah dijalankan perusahaan. Perusahaan telah memberikan sentuhan inovasi untuk dapat mengoptimalkan kontribusi kepada masyarakat, khususnya daerah di provinsi Kalimantan Timur.

“Dengan prestasi ini, kami berupaya agar dapat konsisten menjalankan program-program yang berdampak dan berkelanjutan untuk masyarakat,” ucap Kepala Departemen CSR BSSR, Patria Gunadarma dalam siaran persnya, Kamis (4/5).   

Baca Juga: Simak Target Produksi Batubara Baramulti Suksessarana (BSSR) di Tahun ini

Sebagai salah satu perusahaan bergerak dalam bidang pertambangan dan perdagangan batubara BSSR selalu memastikan bahwa kegiatan usahanya senantiasa berpegang teguh kepada prinsip- prinsip bisnis berkelanjutan termasuk dalam program-program CSR yang dijalankan perusahaan.

BSSR berkomitmen untuk melaksanakan tujuh subjek dalam CSR menurut ISO26000 yang bisa berpengaruh pada keberlanjutan hidup perusahaan. Ketujuh bidang itu, adalah tata kelola perusahaan (organizational governance), hak asasi manusia (human rights), praktik ketenagakerjaan (labour practices), lingkungan hidup (the environment), praktik operasi yang adil (fair operating practices), isu-isu konsumen (consumer issues), dan keterlibatan dan pengembangan masyarakat (community involvement and development).

Patria menyampaikan, BSSR memiliki sejumlah program CSR unggulan yang terbukti memberi manfaat nyata bagi masyarakat. Di antaranya, program pengembangan budidaya ikan air tawar, diversifikasi produk olahan ikan, posyandu, serta penyediaan air  bersih yang berkolaborasi dengan masyarakat.

Patria menyebut, program tersebut dinilai mampu saling bersinergi karena dari sisi bisnis mampu merangkum dari hulu hingga hilir. Diluar manfaat ekonomi juga mampu menciptakan manfaat kesehatan bagi masyarakat.

"Program ini akan terus dikembangkan agar cakupan dan nilai manfaatnya bisa lebih luas lagi," ucapnya kepada media beberapa waktu lalu, dikutip  Rabu (4/4).

Program lain yang secara nyata dirasakan masyarakat yaitu Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS). Dampak program ini berdampak langsung terhadap kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Luasan dampaknya sangat besar karena saat ini mampu memenuhi kebutuhan air bersih di 3 dusun.




TERBARU

[X]
×