kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BBM Solar 51 Berkualitas EURO 4 Dijual di SPBU Pertamina, Berapa Harganya?


Jumat, 22 April 2022 / 07:43 WIB
BBM Solar 51 Berkualitas EURO 4 Dijual di SPBU Pertamina, Berapa Harganya?
ILUSTRASI. BBM Solar 51 Berkualitas EURO 4 Dijual di SPBU Pertamina, Berapa Harganya?


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Pertamina menjual bahan bakar minyak terbaru yakni Solar 51. Solar 51 adalah bahan bakar minyak (BBM) dengan standar EURO 4. Berapa harga BBM Solar 51? Apa saja keunggulan BBM Solar 51?

Pemerintah secara resmi telah mengimplementasikan BBM Solar 51 di seluruh SPBU Pertamina di Indonesia sejak 1 April 2022. Berdasarkan informasi di laman Kementerian Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM), implementasi BBM Solar 51 ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Tipe Baru Kategori M, Kategori N dan Kategori O.

Begitu juga Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor S-786/MENLHK-PPKL/SET/PKL-3/5/2020 tentang Penundaan Penerapan Emisi Gas Buang Motor Diesel.

Solar 51 adalah BBM nonsubsidi jenis diesel yang sudah lolos standar EURO 4. Berdasarkan informasi di laman My Pertamina, harga BBM Solar 51 Rp 13.700- Rp 14.000 per liter.

Baca Juga: Menteri ESDM Prediksi Subsidi, Kompensasi BBM dan LPG Bengkak Jadi Rp 320 Triliun

Keunggulan BBM Solar 51

BBM Solar 51 adalah bahan bakar diesel dengan Cetane Number tertinggi 50 ppm, yang menjaga dan meningkatkan kekuatan mesin secara maksimal dan menjaga lingkungan dengan standar EURO 4.

Berikut adalah beberapa keunggulan dari penggunaan BBM jenis Solar 51:

1. Ramah lingkungan

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, kendaraan yang menggunakan BBM jenis solar 51 memiliki emisi gas buang yang lebih bersih. "Emisi gas buang kendaraan yang menggunakan BBM jenis ini tentunya akan lebih bersih, yang selanjutnya akan meningkatkan kualitas udara menjadi lebih bersih dan sehat dan secara nyata berkontribusi mendukung program transisi energi Indonesia,” kata Tutuka, dikutip dari laman Kementerian ESDM, (30/3/2022).

Penggunaan BBM ini menjadi upaya menekan pencemaran udara yang 70 persennya disebabkan oleh kotornya emisi gas buang kendaraan bermotor

2. Menghaluskan suara mesin

BBM Solar 51 ini membuat pembakaran lebih sempurna, sehingga menghasilkan suara mesin yang jauh lebih halus. Dengan demikian, kendaraan diesel yang biasanya memiliki suara dan getaran mesin yang keras dan tidak nyaman, bisa teratasi.

3. Meningkatkan kinerja mesin

Kemurnian yang terjaga membuat BBM Solar 51 ini menjamin kinerja mesin lebih optimal, tangguh dan bertenaga. Pasalnya hasil pembakaran tidak menyisakan endapan yang dapat mengganggu performa mesin kendaraan.

4. Menjadikan mesin lebih awet

Dengan adanya aditif yang yang berfungsi membersihkan dan melindungi mesin, serta kandungan sulfur yang rendah, membuat mesin kendaraan yang menggunakan BBM Solar 51 akan lebih tahan lama dan tangguh untuk digunakan pada berbagai jenis medan.

Itulah informasi harga BBM Solar 51 dan keunggulannya. Anda tertarik menggunakan BBM Solar 51 dengan standar EURO 4 ini?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi Beredar 1 April, Ini Keunggulan BBM Solar 51",


Penulis : Luthfia Ayu Azanella
Editor : Rendika Ferri Kurniawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×