kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini cara Ancol atur lalu lintas tahun baru


Selasa, 23 Desember 2014 / 17:10 WIB
Begini cara Ancol atur lalu lintas tahun baru
ILUSTRASI. Analis menyebut PT Bukit Asam Tbk (PTBA) tidak hanya tertekan penurunan harga batubara, tapi juga tingginya biaya operasi


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (Ancol) menargetkan jumlah pengunjung pada malam pergantian tahun baru mencapai 275.000 pengunjung. Jumlah ini lebih besar sekitar 15% dari tahun lalu yang mencapai 240.000 pengunjung.

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengunjung yang bakal tumpah ruah di Ancol, perusahaan ini telah membuat perencanaan lalu lintas di dalam kawasan serta lokasi parkir.

Direktur Ancol Teuku Sahir Syahali menyatakan, lokasi parkir di dalam Ancol bisa menampung 11.000 mobil dan 11.000 motor pada pergantian tahun.

"Tempat parkir akan disentralisasi, sehingga kami siapkan masing-masing 20 mobil wara wiri di sentra Barat dan sentra Timur Ancol. Sehingga pengunjung bisa menggunakan mobil ini untuk berpindah wahana," kata Sahir, Selasa (23/12).

Perlu dicatat, saat malam tahun baru tempat parkir di dalam Ancol akan dipusatkan. Titik parkir motor lokasinya di sekitar promenade Timur sampai Barat, serta Pantai Indah. Sedangkan, untuk mobil, lokasinya berada di Pantai Festival, Hailai, Ecovention, Pasar Seni, Gondola, Seaworld, Pantai Carnaval dan sepanjang jalur Timur sampai Selatan Pantai.

"Untuk kendaraan yang parkir bukan di tempat yang ditentukan akan ditertibkan oleh petugas dengan mobil derek," katanya.

Dalam pembuatan pengaturan lalu lintas ini, Ancol juga menggandeng pihak kepolisian. Wakapolres Jakarta Utara AKBP Asep Adi Saputra menyatakan, pihaknya siap terjunkan 1.300 pasukan untuk mengamankan lokasi tersebut.

"Akan ada pospam di dalam Ancol, dan di bawahnya ada subpospam yang tersebar di dalam Ancol juga di luar, sekitar Ancol," ujar Asep.

Secara total ada 2.000 petugas keamanan gabungan yang terdiri dari Polri, Satpol PP dan petugas keamanan internal. Posko keamanan disiagakan di beberapa titik strategis, yaitu di perempatan Hailai, Pantai Festival, Posko Taman dan Pantai, Bundaran Gerbang Timur, Pantai Beach Pool, Pantai Indah, dan Pantai Karnaval.

5 Titik lokasi tiket

Agar antrian pengunjung masuk bisa tertib dan tidak mengular, Ancol bakal membuka lima titik lokasi masuk.

Pertama, di loket barat bakal dibuka 8 loket untuk mobil, 24 loket untuk motor, dan 19 loket untuk pejalan kaki.

Kedua, di loket Marina akan dibuka tiga loket untuk mobil dan tiga loket untuk pejalan kaki. Ketiga, di loket Timur akan dibuka 11 loket untuk mobil, delapan loket untuk motor dan tunuh loket untuk pejalan kaki. 

Keempat, di loket Selatan akan dibuka dua loket untuk mobil, empat loket untuk motor dan enam loket untuk pejalan kaki. Kelima, loket Carnaval akan dibuka tiga loket untuk mobil, empat loket untuk motor dan tiga loket untuk pejalan kaki.

"Kami juga menambah fasilitas toilet portable sebanyak 50 unit, menambah jumlah petugas kebersihan jadi 500 petugas kebersihan," papar Sahir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×