kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Jurus Buyung Poetra (HOKI) Hadapi Kenaikan Harga Bahan Baku


Selasa, 07 November 2023 / 04:45 WIB
Begini Jurus Buyung Poetra (HOKI) Hadapi Kenaikan Harga Bahan Baku
ILUSTRASI. PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras ternama merek ?Topi Koki? yang tercatat di Bursa Efek Indonesia berhasil membukukan pertumbuhan penjualan 34% YoY di Kuartal III 2023.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen beras merek Topi Koki yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan nama PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) membukukan pertumbuhan penjualan 34% YoY menjadi Rp 888,50 miliar di kuartal III 2023. 

Dalam laporan keuangannya melalui BEI, perseroan juga mencatatkan kenaikan pokok penjualan HOKI yang tercatat sebesar Rp 819,97 miliar, atau naik 39% dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Sehingga laba bruto perseroan turun menjadi Rp 68,52 miliar dibandingkan periode yang sama tahun 2022 yang sebesar  Rp 75,51 miliar.

Selain itu, HOKI juga mencatatkan kenaikan beban usaha mencapai 30% YoY menjadi Rp 75,56 miliar,hal itu membuat perseroan membukukan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk Rp 12,58 miliar di kuartal III-2023 dibandingkan keuntungan sebesar Rp 1,79 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca Juga: Ini Faktor yang Menggerus Kinerja Indika Energy (INDY) hingga Kuartal III-2023

Direktur HOKI, Budiman Susilo mengatakan, sebagai antisipasi terhadap situasi bisnis perdagangan beras yang diwarnai dengan naiknya biaya bahan baku, Perseroan semakin menggiatkan langkah-langkah sebagai bagian dari strategi diversifikasi usaha yang telah ditetapkan.

"Melalui diversifikasi usaha, Perseroan optimis akan memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memitigasi risiko bisnis yang menghadang," ungkap Budiman dalam keterangan pers, Senin (6/11). 

Selain mengembangkan bisnis fast moving consumer goods (FMCG) dengan produk-produk bermerek DailyMeal, HOKI juga telah masuk ke bisnis investasi

keuangan melalui pendirian PT Hoki Investasi Sejati (HIS) pada tahun 2022. HIS saat ini telah aktif melakukan kegiatan investasi keuangan, antara lain melalui investasi saham saham-saham berkualitas di Bursa Efek Indonesia.

Sementara itu, anak usaha perseroan yakni PT Hoki Distribusi Niaga (HDN), produsen FMCG dengan merek DailyMeal membukukan penjualan sebesar Rp 3,5 miliar atau tumbuh 843% YoY. 

Melihat perkembangan bisnis FMCG yang menjanjikan itu, HOKI siap menggenjot produksi produk DailyMeal untuk menangkap peluang yang muncul. Untuk itu, HDN juga telah menandatangani kesepakatan usaha bersama (joint venture/JV)dengan PT Gita untuk membangun pabrik beras sehat yang diharapkan akan mulai beroperasi di awal 2025.

Baca Juga: Ini Alasan Buyung Poetra Sembada (HOKI) Melakukan Diversifikasi Usaha

Dengan Pembangunan pabrik beras sehat yang baru ini dapat menambah kapasitas Produksi Beras DailyMeal Rice. Hal itu akan disertai keluarnya varian produk baru DailyMeal Rice secara berkelanjutan. 

Perseroan berharap sebelum tutup akhir tahun 2023 akan mengeluarkan 2 varian produk baru “DailyMeal Rice” yang terdiri dari beras jagung dan berang singkong, dan “DailyMeal Eats”, yaitu beras Berbumbu Warisan Kuliner Nusantara seperti nasi kebuli, nasi goreng, nasi uduk, dan varian lainnya yang akan terus bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×